Peningkatan Sikap Toleransi melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan Strategi Active Learning Tipe True Or False

Anisa Sholihat, . (2018) Peningkatan Sikap Toleransi melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan Strategi Active Learning Tipe True Or False. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (263kB)
[img] Text
5. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
14. ISI SKRIPSI BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
14. ISI SKRIPSI BAB II .pdf

Download (334kB)
[img] Text
14. ISI SKRIPSI BAB III.pdf

Download (246kB)
[img] Text
14. ISI SKRIPSI BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text
14. ISI SKRIPSI BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PPKn dengan menerapkan strategi active learning tipe true or false di kelas IV SDN Rorotan 03 Pagi Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Mc Taggart dan Stephen Kemmis dengan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengambilan data melalui pengamatan atau observasi dan melakukan wawancara, catatan lapangan, serta menggunakan dokumentasi atau foto yang diambil pada saat kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran PPKn dengan penerapan strategi active learning tipe true or false untuk tindakan guru pada siklus I adalah 71,87% dan siklus II 96,87%. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran PPKn dengan penerapan strategi active learning tipe true or false untuk tindakan siswa pada siklus I adalah 68,75% dan siklus II 90,63%. Adapun nilai untuk sikap toleransi siswa pada siklus I adalah 67,75% dan siklus II 87,10%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap toleransi siswa kelas IV SD Negeri Rorotan 03 Pagi Jakarta Utara dapat ditingkatkan melalui pembelajaran PPKN dengan penerapan strategi active learning tipe true or false. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi active learning tipe true or false merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap toleransi siswa di kelas IV SDN Rorotan 03 Pagi Jakarta Utara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd 2) Dr. Ajat Sudrajat, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Nov 2019 14:35
Last Modified: 20 Nov 2019 14:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item