Efektivitas Metode Pembelajaran Team Games Tournament melalui Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kanji Pada Mahasiswa Tingkat II Jurusan Sastra Jepang STBA JIA

Anika Kustiani Sartika, . (2016) Efektivitas Metode Pembelajaran Team Games Tournament melalui Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kanji Pada Mahasiswa Tingkat II Jurusan Sastra Jepang STBA JIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK bahasa inggris.pdf

Download (38kB)
[img] Text
riwayat hidup anik.pdf

Download (22kB)
[img] Text
skirpsi full anik 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya jumlah tatap muka dalam pembelajaran kanji dan kurangnya variasi dalam metode pembelajaran pada mata kuliah kanji di STBA JIA, Bekasi. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar yang didapatkan menjadi kurang maksimal serta kegiatan pembelajaran dianggap kurang variasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran cooperative learning tipe TGT (Team Games Tournament) dalam mata kuliah kanji serta untuk mengetahui efektivitas penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penilitan ini adalah kualitatif true experimental design. Pada penelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 53 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Tes yang digunakan berupa post –test yang dari penelitian yang diberikan pada akhir penelitian, dari data penelitian diperoleh rata-rata nilai post-test yang diperoleh kelas eksperimen adalah 8,02, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 7,112. Selain itu, melalui uji t-test diketahui 6 bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung sebesar 2,8357 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (db) sebesar 51 taraf memperoleh hasil 2,007 dan pada taraf siginifikansi 1% memperoleh hasil 2,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament dalam pembelajaran kanji III terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Poppy Rahayu, M.Pd ; 2). Tia Ristiawati, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Nov 2019 15:53
Last Modified: 20 Nov 2019 15:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item