PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

ANNURUL IQBAL, . (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Annurul Iqbal_1815110758.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Malaka Sari 13, Duren Sawit, Jakarta Timur sebanyak 58 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan desain Posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument final berupa tes objektif. Hasil penelitian diuji normalitas dengan uji Lillefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan thitung = 3,243 dan ttabel = 1,684 dengan taraf signifikan α = 0,05. Hal ini berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Oleh karena itu, model problem based learning hendaknya digunakan dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd 2) Drs, Juhana Sakmal, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Nov 2019 11:00
Last Modified: 21 Nov 2019 11:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item