VOCABULARY MASTERY OF HIGH FREQUENCY WORDS AT TWELVE GRADE STUDENTS MAJORING IN SCIENCE AT SMA JAKARTA UTARA (Survey Research)

RAHMAWATY, . (2014) VOCABULARY MASTERY OF HIGH FREQUENCY WORDS AT TWELVE GRADE STUDENTS MAJORING IN SCIENCE AT SMA JAKARTA UTARA (Survey Research). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (593kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pemguasaan kosakata bahasa Inggris khususnya kosakata berfrekuensi tinggi (High Frequency Words) kelas dua belas Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Menengah Atas Negeri Jakarta Utara. Hal ini merupakan topik yang penting karena siswa diharapkan mampu untuk membaca dan memahami teks bacaan yang akan mereka temui di tingkat Universitas. Hal ini sulit dicapai jika tanpa memiliki pengetahuan kosakata yang memadai, karena pengetahuan kosakata pada tingkat dua ribu kata dan tingkat tiga ribu kata berfrekuensi tinggi mencakup 95% kosakata yang terdapat pada teks akademik. Jadi, memiliki pengetahuan kosakata berfrekuensi tinggi merupakan syarat yang harus dimiliki siswa kelas dua belas agar dapat memahami teks akademik. Dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah vocabulary level test yang disusun oleh Paul Nation dari Universitas Victoria, Wellington dan assossiation word test yang disusun oleh John Read. Kedua tes ini dirancang untuk mengukur kwantitas dan kualitas kosakata siswa. Hasil tes pada kwantitas kosakata menunjukan bahwa siswa memiliki kosakata berfrekuensi tinggi yang kurang memadai. Siswa diperkirakan mengetahui 729 kata dari tingkat dua ribu kata dan 679 kata dari tingkat tiga ribu kata. Sedangkan, hasil tes pada kualitas kosakata dari tingkat seribu kata dan tingkat dua ribu kata dari kosakata berfrekuensi tinggi adalah rata-rata 56%. Hal itu menandakan bahwa siswa mengetahui kurang dari tiga asosiasi dari empat asosiasi yang diberikan. Dengan keterbatasan kosakata ini, siswa akan menemukan kesulitan dalam memahami teks-teks berbahasa Inggris, walaupun mereka telah mempelajari bahasa Inggris selama kurang lebih enam tahun. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk meningkatkan pengetahuan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 21 Nov 2019 12:05
Last Modified: 21 Nov 2019 12:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item