PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 25 JAKARTA

RIDA RISHALATI, . (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta pada semester dua, tahun pelajaran 2013 – 2014. Waktu penelitian selama tiga bulan dimulai pada bulan Maret hingga bulan Mei 2014 dengan tujuan untuk melihat Pengaruh Metode Pembelajaran Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta dan sampel penelitian adalah siswa Kelas VII-1 dan siswa Kelas VII-2 yang berjumlah 60 siswa. Kelas VII-1 sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 30 orang dan kelas VII-3 sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan hasil belajar bahasa Arab adalah Posstest dalam bentuk Tes Objektif yang berjumlah 24 soal pilihan ganda di setiap akhir penelitian. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan Uji Normalitas dengan Uji Lilliefors. Hasil Uji Normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo 0.161 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) Lo 0.155 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen dan kelas Kontrol diperoleh 0.161 (n = 30 dan taraf signifikansi 0.05( karena kedua kelas memperoleh (Lhitung) Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung (0.869) < χ²tabel (3.84), artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung= 1.739. Dengan derajat kebebasan (dk)= 58 dan ttabel= 1.670 dengan taraf signifikansi 0.05. Dengan demikian thitung (1.739) > ttabel (1.670), maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan metode pembelajaran Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode pembelajaran Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta. Dengan demikian, metode pembelajaran Catatan Terbimbing dapat digunakan sebagai salah satu metode yang cocok dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi konsentrasi dan lebih mudah dalam menghadapi pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 21 Nov 2019 14:27
Last Modified: 21 Nov 2019 14:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1754

Actions (login required)

View Item View Item