PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 35 JAKARTA MATA PELAJARAN EKONOMI)

OLIVEA ALDISA, . (2021) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 35 JAKARTA MATA PELAJARAN EKONOMI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan fakta dan data yang valid, benar, dan dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan belajar, penggunaan media pembelajaran, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 35 Jakarta selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan kemandirian belajar sebagai varibel intervening. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung dari bulan Agustus s.d. Desember 2020. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 35 Jakarta yang berjumlah 106 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan menjadikan anggota populasi sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner tertutup melalui Google Form. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer untuk variabel bebas (X) dan data sekunder untuk variabel terikat (Y). Analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar (keluarga) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar, penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar, lingkungan belajar berpengaruh positif tidak signifikan terhadap hasil belajar, penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif tidak signifikan terhadap hasil belajar, dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Hal lain dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa kemandirian belajar tidak dapat memediasi variabel lingkungan belajar terhadap hasil belajar, dan variabel kemandirian belajar dapat memediasi variabel penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar. Abstract: This research was conducted with the aim of obtaining information and knowledge based on facts and data that are valid, correct, and reliable. This research was conducted to determine how much influence the learning environment, the use of learning media, and independent learning on the learning outcomes of students in class XI economics at SMA Negeri 35 Jakarta during distance learning (PJJ) with independent learning as an intervening variable. This research was conducted for four months starting from August s.d. December 2020. The method used is a quantitative method with a causality approach to cause and effect. The population in this study were 106 students of class XI IPS at SMA Negeri 35 Jakarta. Determination of the sample using saturated sampling technique by making members of the population as the sample in the study. The data collection technique in this study used a survey method with a closed questionnaire through Google Form. The data used in this study are primary data for the independent variable (X) and secondary data for the dependent variable (Y). Data analysis used path analysis techniques with IBM SPSS Statistics 25. The results of this study indicate that the learning environment (family) has a positive and significant effect on learning independence, the use of learning media has a positive and significant effect on learning independence, the learning environment has a positive and insignificant effect). on learning outcomes, the use of learning media has a positive and insignificant effect on learning outcomes, and learning independence has a positive and significant effect on learning outcomes. can mediate the use of learning media variables on learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si. ; 2). Suparno, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 11058 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:52
Last Modified: 27 Aug 2021 07:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17556

Actions (login required)

View Item View Item