Arini Putri Utami, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA REALIA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SLB BC CEMPAKA PUTIH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (33kB) |
|
Text
3. Lembar Persetujuan.pdf Download (911kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (824kB) |
|
Text
7. Daftar Isi BARU.pdf Download (220kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (157kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (378kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (290kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (699kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Download (98kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text
RPP Siklus 1 2.pdf Download (238kB) |
|
Text
Jadwal penelitian dan daftar hadir.pdf Download (135kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.pdf Download (151kB) |
|
Text
Soal Evaluasi.pdf Download (205kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui media realia pada siswa tunarungu kelas V di SLB BC Cempaka Putih. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar materi pelajaran sumber energi. Subjek penelitian adalah siswa tunarungu kelas V di SLB BC Cempaka Putih yang berjumlah 5 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model dari Mc Kernan yang terdiri dari tahapan analisis situasi, perumusan dan klarifikasi permasalahan, hipotesis tindakan, perencanaan tindakan, penerapan tindakan dan monitoring, evaluasi hasil tindakan, refleksi dan pengambilan keputusan untuk pengembangan selanjutnya. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tertulis dan hasil pengamatan. Hasil yang didapat dari tes kemampuan awal menunjukkan bahwa kelima siswa tunarungu kelas V belum mencapai nilai yang diharapkan sebagai batas ketuntasan yaitu 70. Setelah memperoleh data kemampuan awal dilakukanlah siklus 1. Dari hasil tes evaluasi yang dilakukan pada siklus I, siswa mengalami peningkatan nilai dan keaktifan namun nilai yang diperoleh belum mencapai batas ketuntasan. Untuk itu dilanjut ke siklus II. Hasil yang diperoleh dari siklus II yaitu seluruh siswa tunarungu kelas V mengalami peningkatan dalam hasil belajar IPA khususnya materi sumber energi dan sudah mencapai nilai ketuntasan. Diharapkan guru dapat menggunakan media realia karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa tunarungu kelas V di SLB BC Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Indina Tarjiah, M.Pd 2) Dra. Etty Hasmayati, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 14:36 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 14:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1761 |
Actions (login required)
View Item |