MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA REALIA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SLB BC CEMPAKA PUTIH

Arini Putri Utami, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA REALIA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SLB BC CEMPAKA PUTIH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan.pdf

Download (911kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (824kB)
[img] Text
7. Daftar Isi BARU.pdf

Download (220kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (378kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (699kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
RPP Siklus 1 2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Jadwal penelitian dan daftar hadir.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Soal Evaluasi.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui media realia pada siswa tunarungu kelas V di SLB BC Cempaka Putih. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar materi pelajaran sumber energi. Subjek penelitian adalah siswa tunarungu kelas V di SLB BC Cempaka Putih yang berjumlah 5 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model dari Mc Kernan yang terdiri dari tahapan analisis situasi, perumusan dan klarifikasi permasalahan, hipotesis tindakan, perencanaan tindakan, penerapan tindakan dan monitoring, evaluasi hasil tindakan, refleksi dan pengambilan keputusan untuk pengembangan selanjutnya. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tertulis dan hasil pengamatan. Hasil yang didapat dari tes kemampuan awal menunjukkan bahwa kelima siswa tunarungu kelas V belum mencapai nilai yang diharapkan sebagai batas ketuntasan yaitu 70. Setelah memperoleh data kemampuan awal dilakukanlah siklus 1. Dari hasil tes evaluasi yang dilakukan pada siklus I, siswa mengalami peningkatan nilai dan keaktifan namun nilai yang diperoleh belum mencapai batas ketuntasan. Untuk itu dilanjut ke siklus II. Hasil yang diperoleh dari siklus II yaitu seluruh siswa tunarungu kelas V mengalami peningkatan dalam hasil belajar IPA khususnya materi sumber energi dan sudah mencapai nilai ketuntasan. Diharapkan guru dapat menggunakan media realia karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa tunarungu kelas V di SLB BC Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Indina Tarjiah, M.Pd 2) Dra. Etty Hasmayati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Nov 2019 14:36
Last Modified: 21 Nov 2019 14:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item