Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Nasionalisme (Studi Kasus : Universitas Pertahanan)

ADINDA FRYDA FEBRIANTI, . (2021) Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Nasionalisme (Studi Kasus : Universitas Pertahanan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adinda Fryda Febrianti. Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Nasionalisme : Studi Kasus di Universitas Pertahanan.Skripsi.Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultasl lmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta,2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya karakter nasionalisme dalam Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di Universitas Pertahanan. Universitas Pertahanan merupakan kampus yang terintegrasi dengan pemahaman nasionalisme. Dalam hal ini karakter nasionalisme yang difokuskan di dalam penelitian ialah mengenai cinta tanah air, rela berkorban, menerima kemajemukan, dan bangga akan budaya yang beragam. Salah satu manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi kepada peningkatan karakter nasionalisme melalui Pendidikan Agama Islam berdasarkan kurikulum yang digunakan bisa menjadi referensi untuk Pendidikan Agama Islam yang lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan teori pendidikan karakter oleh Thomas Lickona yang berhubungan dengan nilai moral, karena memadukan Pendidikan Agama Islam dengan karakter nasionalisme. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Dalam menganalisis data beberapa teknik diantaranya klasifikasi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Adanya kesesuaian di dalam Pendidikan Agama dengan peningkatan karakter nasionalisme (2) Peningkatan karakter nasionalisme dapat terlihat melalui pengamatan kelas, kegiatan luar kelas, dan asrama (3) Dosen Pendidikan Agama Islam memiliki kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan karakter nasionalisme mahasiswa. Kata Kunci : Kontribusi, Pendidikan Agama Islam, Karakter Nasionalisme Adinda Fryda Febrianti. Contribution of Islamic Religious Education in Improving the Character of Nationalism: Case Study at Defense University. Thesis. Jakarta: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2021. This study aims to describe and analyze the character of nationalism in Islamic Religious Education conducted at the Defense University. Defense University is a campus that is integrated with the understanding of nationalism. In this case the character of nationalism focused in the research is about the love of the homeland, willing to sacrifice, accept diversity, and be proud of the diverse culture. One of the benefits of this research is that it can contribute to the improvement of the character of nationalism through Islamic Religious Education based on the curriculum used can be a reference for better Islamic Religious Education. This research uses character education theory by Thomas Lickona which deals with moral values, because it combines Islamic Religious Education with the character of nationalism. This type of research used in this thesis is a type of qualitative research with a descriptive analytical approach, while the data collection techniques include observation and interviews. In analyzing data, several techniques include data classification, data reduction, data presentation and verification. The results showed that (1) The conformity in Religious Education with the improvement of nationalism character (2) The improvement of nationalism character can be seen through the observation of classes, out-of-class activities, and dormitories (3) Lecturers of Islamic Religious Education have a very important contribution in improving the character of student nationalism. Keywords : Contribution, Islamic Religious Education, Character of Nationalism

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Abdul Fadhil, M.Ag. 2. Dr Andy Hadiyanto, M.A.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 10594 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:03
Last Modified: 30 Aug 2021 02:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17645

Actions (login required)

View Item View Item