PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MODIFIKASI ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS VII SMP LABSCHOOL CIBUBUR

NUR HALIMAH, NUR HALIMAH (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MODIFIKASI ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS VII SMP LABSCHOOL CIBUBUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Nur Halimah, 1401617050, Pengaruh Media Pembelajaran Modifikasi Ular Tangga terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas VII SMP Labschool Cibubur. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi empiris mengenai pengaruh dari pemanfaatan media pembelajaran modifikasi ular tangga terhadap hasil belajar PPKn Kelas VII SMP Labschool Cibubur. Penelitian pada skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan The Solomon Four Group Design yang terdiri dari dua kelompok eksperimen dan dua kelompok kontrol, kelompok ekperimen utama dan kontrol utama diberikan perlakuan. Sebelum diberlakukan perlakuan maka kelompok eksperimen utama dan kontrol utama dilakukan pretest atau tes awal dan setelah diberikan perlakuan maka semua kelompok penelitian melakukan postest atau tes akhir. Kelompok ekperimen utama adalah kelompok yang diberikan perlakuan media pembelajaran ular tangga. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Labschool Cibubur dengan jumlah 214 siswa, dengan sampel akhir berjumlah 72 siswa dengan masing-masing kelas penelitian sejumlah 18 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis dilakukan menggunakan rumus uji t dengan menguji rata-rata kelompok. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran media pembelajaran modifikasi ular tangga pada kelas ekperimen dengan rata-rata nilai pretest sebesar 52,22, menjadi 80,00 pada hasil postest. Dalam perhitungan uji hipotesis memperoleh hasil rumus uji t beda dua mean menunjukan bahwa t_{hitung} yang didapatkan lebih besar dari t_{tabel\ }. Berdasarkan uji yang dilakukan pada hasil pretest dan postest maka diperoleh{\ t}_{hitung} sebesar 4,524 dan t_{tabel\ }sebesar 2,032, sedangkan pada uji t test akhir postest kelas ekperimen dan kelas kontrol memiliki hasil {\ t}_{hitung} 3,52 dan dan 1,74. Maka dapat disimpulkan bahwa H_{o\ }\ diterima dan H_{a\ }ditolak sehingga terbukti bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran modifikasi ular tangga terhadap hasil belajar PPKn. Kata Kunci: Pengaruh, Media Pembelajaran, Ular Tangga, Hasil Belajar Nur Halimah, 1401617050, The Effect of Snakes and Ladders Modified Learning Media on Civics Learning Outcomes for Class VII of Labschool Cibubur Junior High School. Thesis, Jakarta: Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta. 2021. This study aims to collect empirical data and information about the effect of using modified learning media of snakes and ladders on learning outcomes of Civics Class VII Labschool Cibubur Junior High School. The research in this thesis uses a quantitative approach to the experimental method. The design of this study used The Solomon Four Group Design which consisted of two experimental groups and two control groups, the main experimental group and the main control group were given treatment. Before the treatment was applied, the main experimental group and the main control group were given a pretest or initial test and after being given treatment, all the research groups did a posttest or final test. The main experimental group was the group that was given the snake and ladder learning media treatment. The population in this study were 7th grade students of Labschool Cibubur Junior High School with a total of 214 students, with a final sample of 72 students with 18 students in each research class. The data analysis technique used in this study is the normality test and homogeneity test, hypothesis testing is carried out using the t test formula by testing the group average. Based on the results of the study, it showed that there was an effect of learning media on modified snake and ladder learning media in the experimental class with an average pretest value of 52.22, to 80.00 on the posttest results. In calculating the hypothesis test, the results of the t test formula are two different means, indicating that the t_{count} obtained is greater than t_{table}. Based on the tests carried out on the results of the pretest and posttest, it was obtained t_{count\ }of 4.524 and t_{table}. of 2.032, while the final t-test of the posttest experimental class and control class had results t_{count\ }3.52 and t_{table}. 1.74. So it can be concluded that H_{o\ }is rejected H_{a\ }is accepted, so it is proven that there is an influence of snake and ladder modification learning media on pancasila and civic education learning outcomes. Keywords: Influence, Learning Media, Snakes and Ladders, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Agus Martono, M.Si 2). Yuyus Kardiman, M.Pd
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 11325 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:43
Last Modified: 28 Aug 2021 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17790

Actions (login required)

View Item View Item