PERHITUNGAN PELUANG PERALIHAN KONSUMEN PADA MEREK KOSMETIK LOKAL MENGGUNAKAN ANALISIS RANTAI MARKOV

SITTI ARRAYA TSABITAH, . (2021) PERHITUNGAN PELUANG PERALIHAN KONSUMEN PADA MEREK KOSMETIK LOKAL MENGGUNAKAN ANALISIS RANTAI MARKOV. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

The large market share triggers the growth of the local cosmetic industry in Indonesia, giving rise to intense competition to attract and retain consumers. In some references, Markov Chain is used to predict consumer switching opportunities. By forming a transition probability matrix from the current and pre-study data, future data can be predicted. In this study, data was taken during the research, namely from January-April 2021 and pre-study, namely September-December 2020. Then the market share will be predicted for May-August 2021 and September-December 2021. The results show that the predicted market share percentage each local cosmetic brand in the future for Wardah was 29.1% in May-August 2021 and then decreased to 28.63% in September-December 2021. For Emina it was 37.96% in May-August 2021 then rose to 38.29% in September-December 2021. For Pixy it was 23.67% in May-August 2021 then it rose slightly to 23.68% in September-December 2021. Then for other brands it was 9.28% in May-August 2021 then rose to 9.4% in September-December 2021. Keywords. Markov Chain, Customer Switch, Steady State Distribution, Local Cosmetic Brands ************** Besarnya pangsa pasar memicu pertumbuhan industri kosmetik lokal di Indonesia sehingga menimbulkan persaingan yang ketat untuk memikat dan mempertahankan konsumen. Dalam beberapa referensi, Rantai Markov digunakan untuk memprediksi peluang peralihan konsumen. Dengan membentuk matriks peluang transisi dari data saat penelitian dan sebelum penelitian, dapat diprediksi data di masa depan. Pada penelitian ini, data diambil saat penelitian yaitu dari bulan Januari-April 2021 dan sebelum penelitian yaitu bulan September-Desember 2020. Akan diprediksi pangsa pasar untuk bulan Mei-Agustus 2021 dan September-Desember 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prediksi persentase pangsa pasar tiap merek kosmetik lokal di masa depan untuk Wardah sebesar 29.1% pada bulan Mei-Agustus 2021 lalu turun menjadi 28.63% pada bulan September-Desember 2021. Untuk Emina sebesar 37.96% pada bulan Mei-Agustus 2021 kemudian naik menjadi 38.29% pada bulan September-Desember 2021. Untuk Pixy sebesar 23.67% pada bulan Mei-Agustus 2021 kemudian naik sedikit menjadi 23.68% pada bulan September-Desember 2021. Lalu untuk merek lainnya sebesar 9.28% pada bulan Mei-Agustus 2021 kemudian naik menjadi 9.4% pada bulan September-Desember 2021. Kata kunci. Rantai Markov, Peralihan Konsumen, Distribusi Steady State, Merek Kosmetik Lokal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sudarwanto, M.Si., DEA. ; 2). Vera Maya Santi, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Matematika
Depositing User: Users 11718 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:39
Last Modified: 13 Sep 2021 07:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17904

Actions (login required)

View Item View Item