PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS

SHALADSHA IRMA HALIMAH, . (2021) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning berbantuan flashcard untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMA pada materi teori kinetik gas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model Dick & Carey dikarenakan sebagai model pendekatan yang efektif dalam pembelajaran mandiri. Tiap prosedur yang terdapat di dalam model Dick & Carey mengembangkan unit pembelajaran yang terorganisir, serta dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran yang terdiri dari sepuluh tahap. Responden pada penelitian ini terdiri dari responden validator ahli, yaitu: ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran, serta guru fisika dan peserta didik kelas XI SMA. Hasil validasi rata-rata oleh ahli media sebesar 89,58%, ahli materi sebesar 90,65%, ahli pembelajaran sebesar 94,15%, dan oleh guru fisika kelas XI sebesar 96,00%. Rata-rata nilai keseluruhan uji validasi oleh para ahli yaitu sebesar 92,6% dengan interpretasi “sangat setuju” sebagai media pembelajaran. E-learning ini diujicobakan kepada peserta didik kelas XI secara online. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan e-learning berbantuan flashcard pada materi teori kinetik gas layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika, dan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMA dengan nilai N-Gain sebesar 0,44 pada interpretasi peningkatan sedang. This study aims to develop e-learning assisted by flashcards to improve students' scientific literacy in senior high school in gas kinetic theory materials. The method used in this study is Research and Development (R&D) with the Dick & Carey model approach because it is an effective approach model in independent learning. Each procedure contained in the Dick & Carey model develops an organized learning unit and can help students in the learning process which consists of ten stages. Respondents in this study consisted of expert validator respondents, namely: material experts, media experts, and learning experts, as well as physics teachers and students of class XI SMA. The average validation results by media experts are 89.58%, material experts are 90.65%, learning experts are 94.15% and by class XI physics teachers are 96.00%. The average value of the overall validation test by experts is 92.6% with the interpretation of "strongly agree" as a learning medium. Based on these results, it shows that the use of e-learning assisted by flashcards on gas kinetic theory material is feasible to be used as a physics learning medium, and can increase the scientific literacy ability of high school students with an N-Gain of 0.44 on a medium increase interpretation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Astra, M.Si ; 2). Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11374 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:55
Last Modified: 30 Aug 2021 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17957

Actions (login required)

View Item View Item