ZULFA SABILA, . (2021) KECERDASAN EKOLOGIS DALAM SERIAL NOVEL ANAK-ANAK NUSANTARA KARANGAN TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (347kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan ekologis dalam keenam novel serial Anak-Anak Nusantara karangan Tere Liye, yaitu Si Anak Spesial, Si Anak Pintar, Si Anak Pemberani, Si Anak Kuat, Si Anak Cahaya, dan Si Anak Badai berdasarkan teori aspek kecerdasan ekologis Goleman, Bennett, dan Barlow. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Teori triangulasi digunakan untuk mevalidasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek kecerdasan ekologis yang terdapat dalam serial novel Anak-Anak Nusantara yaitu: (1) empati terhadap segala bentuk kehidupan termasuk organisme, (2) kesadaran terhadap keberlanjutan organisme, (3) kesadaran tidak merusak lingkungan, (4) sikap antisipasi terhadap konsekuensi yang tidak diinginkan oleh lingkungan, dan (5) kesadaran tentang cara alam bertahan. Aspek kesadaran tentang cara alam bertahan merupakan aspek kecerdasan dominan karena banyaknya uraian yang dilukiskan oleh tokoh mengenai aspek tersebut, sedangkan aspek kesadaran terhadap keberlanjutan organisme dan kesadaran tidak merusak lingkungan merupakan hal yang paling sedikit ditemukan karena serial ini lebih banyak mengungkapkan penerapan sikap seperti mengantisipasi terhadap konsekuensi yang tidak diinginkan oleh lingkungan. Penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMP untuk mengembangkan kemampuan literasi sastra khususnya literasi ekologis pada siswa. Kata kunci: kecerdasan ekologis, novel, Anak-Anak Nusantara, pembelajaran sastra di SMP ********** This research aims to determine the ecological intelligence in the serial novels of Anak-Anak Nusantara by Tere Liye, namely Si Anak Spesial, Si Anak Pintar, Si Anak Pemberani, Si Anak Kuat, Si Anak Cahaya, and Si Anak Badai based on Goleman, Bennett, and Barlow’s ecological intelligence theory. This research used a descriptive qualitative method with content analysis. Triangulation theory was used to validate the data. The results showed that ecological intelligence contained in the Anak-Anak Nusantara series were (1) developing empathy for all forms of life, (2) embracing sustainability as a community practice, (3) making the invisible visible, (4) anticipating unintended consequences, and (5) understanding how nature sustains life. This research can be implicated in literature learning in Junior High School to develop student's ecoliteracy skills. The understanding how nature sustains life is the dominant aspect because it is described by the characters through their action. While the aspects of embracing sustainability as a community practice and making the invisible visible are the most rarely found because this series reveals more about the application such as anticipating unwanted consequences by the environment. Keywords: ecological intelligence, novels, Anak-Anak Nusantara, ecoliteracy in junior high school
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rahmah Purwahida, S.Pd.,M.Hum. ; 2). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 10790 not found. |
Date Deposited: | 28 Aug 2021 00:57 |
Last Modified: | 28 Aug 2021 00:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17970 |
Actions (login required)
View Item |