HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta Dalam Pembelajaran Daring)

ALIA FATIKAH, . (2021) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta Dalam Pembelajaran Daring). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Alia Fatikah. Hubungan antara Self efficacy dengan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta dalam Pembelajaran Daring). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta 2021. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan self efficacy dengan kemandirian belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 2 Jakarta dan dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 82 siswa dengan populasi berjumlah 283 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Pengambilan data self efficacy dan kemandirian belajar menggunakan metode skala likert. Proses uji validitas hingga uji normalitas telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan fakta di lapangan. Untuk menguji kesahihan instrument terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument penelitian dengan sampel 40 siswa. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Teknik analisis statistic inferensial terdiri atas tahap deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Tahap uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan teknik Korelasi Product Moment dan uji T. Hasil uji coba instrument didapatkan 25 butir pernyataan valid pada variabel X dan 30 butir pernyataan valid pada variabel Y. Uji reliabel pada variabel X didapatkan nilai ralpha 0.939 dan variabel Y ralpha 0.937 > 0.6. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Pearson Correlation sebesar 0,757 dan nilai p atau sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan uji t hitung 10,367 > t table 1,990 serta memiliki hubungan antara self efficacy dengan kemandirian belajar sebesar 57,3%. Kesimpulan penelitian ini ialah adanya hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta. Semakin tinggi tingkat self efficacy yang dimilki siswa maka semakin tinggi pula tingkat kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Self efficacy, Kemandirian Belajar, Pembelajaran Daring ABSTRACT Alia Fatikah. The relationship between Self efficacy and Student Learning Independence (Correlation Study on Class VIII Students of SMP Negeri 2 Jakarta in Online Learning). Pancasila and civic education. Faculty of Social Science. Jakarta State University 2021. This study aims to see the relationship between self-efficacy and student learning independence in class VIII SMP Negeri 2 Jakarta. This research is located at SMP Negeri 2 Jakarta and was carried out from May to June 2021. The method used in this study is a quantitative approach with correlation research methods. The sample in this study were 82 students with a population of 283 students. The data collection technique used in this study was a questionnaire. Self efficacy and learning independence data were collected using the Likert scale method.The process of testing the validity to the normality test has been carried out to obtain results that are in accordance with the facts on the ground. To test the validity of the instrument, the research instrument was first tested with a sample of 40 students. The validity test uses the Product Moment Correlation formula and the reliability test uses the Cronbach Alpha formula. The data analysis technique used inferential statistical analysis techniques. Inferential statistical analysis techniques consist of data description stages, analysis prerequisite tests and hypothesis testing. The analysis prerequisite test phase includes normality test and linearity test. Hypothesis test using Product Moment Correlation technique and T test. The test results of the instrument obtained 25 valid statements on the X variable and 30 valid statements on the Y variable. The reliable test on the X variable obtained the ralpha value of 0.939 and the Y variable 0.937 > 0.6. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship between self-efficacy and learning independence for class VIII students of SMP Negeri 2 Jakarta. This can be seen from the results of the hypothesis test showing the Pearson Correlation value of 0.757 and the p or sig value. (2-tailed) 0.001 <0.05 and t-test 10.367 > t-table 1.990 and has a relationship between self-efficacy and learning independence of 57.3%. The conclusion of this study is that there is a positive and significant relationship between self-efficacy and learning independence for class VIII students of SMP Negeri 2 Jakarta. The higher the level of self-efficacy possessed by students, the higher the level of student learning independence. Keywords: Self efficacy, Independent Learning, Online Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Raharjo, M.Si. 2). Fauzi Abdillah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 11719 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:16
Last Modified: 30 Aug 2021 03:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17976

Actions (login required)

View Item View Item