PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI JOYFUL LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 97 JAKARTA

SAFIRA DATU, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI JOYFUL LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 97 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual dengan strategi joyful learning pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Di antara seluruh desain metode kuasi ekperimen, yang digunakan pada penelitian ini yaitu post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII A dan VIII-B di SMP Negeri 97 Jakarta. Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu 5 soal uraian pada pokok bahasan statistika yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, diperoleh bahwa t_hitung=3,052 dan t_tabel=1,667 sehingga t_hitung> t_tabel, maka H_0 ditolak dan nilai Cohen’s effect size yang diperoleh sebesar 0,719 yang termasuk pada kategori besar dengan persentase 76%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kontekstual dengan strategi joyful learning pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 97 Jakarta. This research aims to determine the effect of contextual learning model with joyful learning strategy in distance learning on students’ mathematical concept understanding ability. Among all design of quasi experiment method, post-test only control group design was used in this research. The sampling techinique in this research was used simple random sampling. The sample in this study was students of grades 8A and 8B at SMP Negeri 97 Jakarta. The students’ matemathical concept understanding abilities were measured using a research instrument that included 5 questions on statistics materials that were been valid and reliable. The results of hypothesis testing used t-test with significance level α=0,05 obtained t_hitung=3,052 and t_tabel=1,667 therefore t_hitung> t_tabel, then H_0 is rejected and the cohen effect size value is 0,719 whis is included in the large category with a percentage of 76%. Based on results of calculations, it can be concluced that there is a significant positive effect from the application of contextual learning model with joyful learning strategy in distance learning on students mathematical concept understanding ability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ellis Salsabila, M.Si ; 2). Vera Maya Santi, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11596 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:11
Last Modified: 30 Aug 2021 02:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17990

Actions (login required)

View Item View Item