MAKNA “BATU” DALAM ANTOLOGI CERPEN “HIKAYAT BATUBATU” KARYA TAUFIK IKRAM JAMIL (SEBUAH KAJIAN SEMIOTIK) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

ZULQARNAIN, . (2014) MAKNA “BATU” DALAM ANTOLOGI CERPEN “HIKAYAT BATUBATU” KARYA TAUFIK IKRAM JAMIL (SEBUAH KAJIAN SEMIOTIK) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna “Batu” pada setiap cerpen dalam antologi cerpen “Hikayat Batu-batu” karya Taufik Ikram Jamil dengan menggunakan Semiotik Charles Sanders Peirce aspek Ikon, Indeks dan Simbol. Penelitian ini tidak terkait pada tempat tertentu. Adapun waktu penelitian ini dilakukan dari bulan Januari sampai dengan Mei 2014. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi, yaitu dengan menganalisis diksi “Batu” yang ada pada setiap cerpen dalam antologi cerpen “Hikayat Batu-batu” karya Taufik Ikram Jamil. Objek dalam penelitian ini adalah 13 cerpen dalam antologi cerpen “Hikayat Batubatu” karya Taufik Ikram Jamil. Fokus dalam penelitian ini adalah Makna. Sedangkan subfokus dalam penelitian ini adalah aspek Ikon, Indeks, dan Simbol. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan terdapat banyak makna dari diksi “Batu” yang ada pada setiap cerpen dari antologi tersebut. Selain itu, terdapat keterkaitan cerita antara cerpen satu dengan yang lainnya dengan makna dari diksi “Batu” yang beragam yang pada akhirnya makna serta cerita-cerita tersebut dapat diambil garis besarnya. Dapat disimpulkan bahwa ada makna yang secara garis besar pada antologi cerpen tersebut, yakni mengenai penderitaan dan kesengsaraan mayarakat Melayu; dan sifat dan sikap pemberontak masyarakat Melayu. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan oleh guru untuk masukan siswa dalam peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan. Hal ini dimaksudkan untuk membantu siswa kelas XI SMA dalam memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/ terjemahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsyad Ridho, M.Hum. ; 2). Gres Grasia Azmin, M. Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Nov 2019 16:47
Last Modified: 22 Nov 2019 16:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item