PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

KEZIA EKA SUTANTI, . (2021) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (981kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa merupakan aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika, terutama pada era industri 4.0 yang membutuhkan sumber daya manusia yang mampu menilai permasalahan dari berbagai sudut pandang sehingga tercipta solusi-solusi yang unggul, inovatif, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan gaya belajar visual-spatial, auditory-sequential, dan kinesthetic selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex post facto dengan desain satu faktorial. Instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berupa tes esai dan instrumen gaya belajar berupa angket digunakan pada masing-masing variabel penelitian ini. Subjek pada penelitian ini adalah 75 siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis lebih tinggi dibandingkan siswa dengan gaya belajar auditori maupun kinestetik. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis yang relatif sama. Students’ mathematical creative thinking skills are essential parts of mathematics education, particularly in the industrial era 4.0 when human resources require examining challenges from several perspectives to provide superior, inventive, and creative solutions. This research was conducted to see the differences in students’ mathematical creative thinking skills based on visual-spatial, auditory-sequential, and kinesthetic learning styles during distance learning. It was an ex post facto quantitative research employing a single factorial design. In each of these research variables, essay examinations are used to assess students’ mathematical creative thinking skills, and questionnaires are used to assess students’ learning styles. The participants in this research were 75 students in grade IX. This research indicates that students with visual learning styles have a better mathematical creative thinking capacity than those with auditory and kinesthetic learning styles. On the other hand, students with auditory and kinesthetic learning styles have similar mathematics creative thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Tian Abdul Aziz, Ph.D.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11814 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:01
Last Modified: 30 Aug 2021 04:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18099

Actions (login required)

View Item View Item