PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 JAKARTA

RATNA PUSPITASARI, . (2021) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan Post-Test Only Control Group Design. Penelitian dilakukan pada kelas VII SMP Negeri Jakarta. Proses pengambilan sampel yang digunakan adalah pembatasan masalah dan simple random sampling. Dua kelas yang terpilih sebagai sample berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang relatif homogen dan memiliki rata-rata kemampuan awal yang relatif sama. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yang terdiri dari 5 soal uraian yang telah memuat indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengujian hipotesis statistik dilakukan dengan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 dan diperoleh nilai t hitung = 4,477 > t tabel = 1,665 sehingga tolak H0. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP Negeri 2 Jakarta. Kemudian, hasil perhitungan besar pengaruh menggunakan uji Cohen’s Effect Size yaitu 1,021 yang termasuk dalam kategori besar dengan persentase pengaruh sebesar 84%. This study aims to determine the effect of contextual approaches on students’ mathematical problem solving abilities. The research method used is quasi experiment with Post Test Only Control Group Design. The sampling technique used is problem limitation and simple random sampling. The two classes selected as samples come from population that were normally distributed, had relatively homogeneous variances and had relatively the same initial average ability. The research instrument used is a test instrument which consists of 5 questions which contains indicators of mathematical problem solving ability. Statistical hypothesis testing was carried out by t-test at a significance level α = 0,05 and obtained the value of t_count=4,477>t_table=1,665 so H_0 is rejected. Based on these results, it can be concluded that there is a significant positive effect of the application of a contextual approach in distance learning on the mathematical problem solving abilities of students at SMP Negeri 2 Jakarta. Then, the results of the calculation of the magnitude of the effect using the Cohen's Effect Size test are 1,021 which are included in the major categories with an influence percentage of 84%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ellis Salsabila, M. Si. ; 2). Vera Maya Santi, M. Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11620 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:18
Last Modified: 30 Aug 2021 04:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18108

Actions (login required)

View Item View Item