NUR ANNISA, . (2013) PRASANGKA SOSIAL DALAM NOVEL “IMRO’ATU ‘INDA NUQTOH SIFRU” KARYA NAWAL ASSA’DAWI DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN TELAAH SASTRA ARAB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi.pdf Download (929kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Prasangka Sosial dalam Novel “Imro’atu Inda Nuqto Sifru " karya Nawal Assa’dawi dan Implikasinya dalam Pengajaran Telaah Sastra. Besar harapan agar hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pengajaran Telaah Sastra Arab bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi berdasarkan kajian pustaka. Fokus penelitian in i adalah Prasangka Sosial dalam Novel “Imro’atu Inda Nuqto Sifru” (Perempuan Di Titik Nol) karya. Nawal Assa’dawi Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel klasifikasi yang berisikan klasifikasi tentang prasangka sosial berdasarkan komponen-komponennya dan sumber-sumbernya. Klasifikasi prasangka sosial berdasarkan komponen-komponenya yaitu komponen kognitif, komponen Afektif, dan komponen perilaku. Dan klasifikasi sumber-sumber prasangka sosial yaitu berdasarkan perbedaan sosial, identitas sosial, konformitas sosial, kategorisasi social, dan atribusi sosial. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat 54 teks novel yang berkaitan dengan prasangka sosial, yang terdiri dari 40 teks yang berhubungan dengan komponen-komponen sosial, 14 teks novel yang berhubungan dengan sumber-sumber prasangka sosial. Dan dari 40 teks novel yang berhubungan dengan komponen-komponen prasangka sosial, maka terbagilah menjadi 3 bagian. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut : 9 teks novel untuk komponen Kognitif (33%), 18 teks novel untuk komponen Afektif (45%), dan 13 teks novel untuk komponen Perilaku (32%). Dan dari 14 teks novel yang berhubungan dengan sumber-sumber prasangka sosial, maka terbagilah menjadi 5 bagian. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut : 5 teks novel untuk Perbedaan Sosial (36%), 2 teks novel untuk Identitas Sosial (14%), 3 teks novel untuk Konformitas Sosial (21%), 4 teks novel Kategorisasi Sosial (29%), dan atribusi sosial (0%) Implikasi penelitian terhadap pengajaran telah sastra yakni menjadikan novel karya Nawal Assa’dawi sebagai salah satu bahan pelajaran khususnya dalam pengajaran analisis teks sastra Arab pada tingkatan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 12:23 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 12:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1818 |
Actions (login required)
View Item |