PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIRNABOT (SISTEM PENCERNAAN PADA BOT TELEGRAM) DALAM APLIKASI PESAN TELEGRAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BIOLOGI PESERTA DIDIK

NURTIASTUTI RAMADHAN, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIRNABOT (SISTEM PENCERNAAN PADA BOT TELEGRAM) DALAM APLIKASI PESAN TELEGRAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BIOLOGI PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Biologi merupakan cabang ilmu dari Sains yang menjadi bagian penting di kehidupan semua orang. Peserta didik perlu dibekali literasi Biologi agar dapat menerapkan ilmu Biologi di kehidupan sehari-hari. Penguasaan literasi Biologi oleh peserta didik dilakukan dengan memahami materi yang diberikan dan dilanjutkan menggunakan ilmu Biologi dalam kehidupan salah satunya untuk memecahkan berbagai persoalan. Namun, peserta didik masih kesulitan untuk memahami Biologi salah satunya pada materi sistem pencernaan. Kesulitan disebabkan karena sistem pencernaan memiliki konsep abstrak dan banyak istilah-istilah asing. Media pembelajaran dapat dibuat dengan fitur yang menarik untuk mengatasi kesulitan tersebut. Salah satu media yang dapat dikembangkan adalah bot telegram yaitu akun telegram yang dirancang untuk merespons secara otomatis yang dapat dikembangkan seperti mobile learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran Sirnabot (Sistem Pencernaan pada Bot Telegram) dalam meningkatkan literasi Biologi peserta didik pada sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian dilakukan dari bulan November 2020 sampai Juni 2021. Media yang dikembangkan diujikan oleh tiga validator ahli dalam aspek materi, media, dan bahasa. Media juga diuji coba ke peserta didik dan guru Biologi dan diuji efektivitasnya. Hasil keseluruhan uji media sebesar 3.66 dengan kategori sangat valid. Rata-rata nilai pre-test dan pos-test berturut-turut sebesar 44 dan 87. Hasil uji efektivitas media dengan N-Gain dengan skor 0,76 dengan kategori tinggi dan effect size sebesar 4,75 dengan kategori sangat berefek. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Sirnabot valid digunakan sebagai media pembelajaran sistem pencernaan dan dapat memberikan peningkatan terhadap literasi Biologi. Biology is a branch of science that is an important part of everyone's life. Students need to be equipped with Biological literacy so that they can apply Biology science in everyday life. Mastery of Biological literacy by students is done by understanding the material provided and continuing to use Biology in life, one of which is to solve various problems. However, students still find it difficult to understand Biology, one of which is the material on the digestive system. Difficulties are caused because the digestive system has abstract concepts and many unfamiliar terms. Learning media can be made with interesting features to overcome these difficulties. One of the media that can be developed is the telegram bot, which is a telegram account designed to respond automatically which can be developed such as mobile learning. This study aims to develop and test the effectiveness of the Sirnabot (Bot Digestive System) learning media in improving students' biological literacy in the digestive system. This study uses the Research and Development (R&D) method and the ADDIE model which has 5 stages: analysis, design, development, implementation and evaluation. The research was conducted from November 2020 to June 2021. The developed media were tested by three expert validators in the aspects of material, media and language. The media was also tested on Biology students and teachers and tested for effectiveness. The overall result of the media test is 3.66 with a very valid category. The average pre-test and post-test scores were 44 and 87, respectively. The results of the media effectiveness test with N-Gain with a score of 0.76 and in the high category and Effect size 4,75 very effective. It can be concluded that Sirnabot is valid to be used as a learning medium for the digestive system and can provide an increase in Biological literacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ns. Sri Rahayu, S.Kep., M.Biomed ; 2). Dra. Yulilina Retno D., M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11640 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:16
Last Modified: 30 Aug 2021 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18249

Actions (login required)

View Item View Item