BLOOM DIGITAL DAN HIGHER ORDERS THINKING SKILLS DALAM PEMBELAJARAN MUSIK

IMANUELTA DAONNA PURNAMA SILITONGA, . (2021) BLOOM DIGITAL DAN HIGHER ORDERS THINKING SKILLS DALAM PEMBELAJARAN MUSIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB.1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB.2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB.3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB.4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB.5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bloom digital dan higher orders thinking skills dalam pembelajaran musik. Metode penelitian yang digunakan adalah sistematik review dengan pengumpulan data melalui studi pustaka. Objek penelitian adalah jurnal dan artikel yang membahas tentang bloom digital dan higher orders thinking skills dalam pembelajaran musik abad 21 dengan keterampilan 6C. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret sampaI dengan Juli 2021. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui kajian pustaka dari berbagai sumber dokumen seperti buku, artikel dan jurnal yang memiliki nomor doi. Hasil penelitian adalah bloom digital (higher orders thinking skills) dalam pembelajaran musik dapat dilakukan melalui berbagai teknologi mulai dari Web 2.0 yang mencakup blogging, Wikis & Wordpress, dsb; platform atau aplikasi tertentu seperti Moodle; melalui teknologi digital seperti DVD/CD dan televisi. Kegiatan yang dilakukan peserta didik mulai dari mengenalkan peserta didik pada platform yang akan digunakan hingga peserta didik mampu menggunakan, mengirimkan, menganalisis sesuatu, berdiskusi dan beragumen hingga menggunakan media digital tersebut untuk merekam dan atau membuat tulisan pendek. Keterampilan abad 21 dengan bloom digital dalam pembelajaran musik dapat dilakukan dengan kegiatan mencari, menemukan, menyusun ide atau pendapat serta mampu menguraikan dan mengembangkan ide yang dimiliki kepada orang lain. The purpose of this research is to analyze digital bloom and higher orders thinking skills in music learning. Research methods used is a systematic review with data collection through literature study. The object of research is journals and articles that discuss digital blooms and higher orders thinking skills in 21st century music learning with 6C skills. The time of the research was carried out from March to July 2021. The data obtained were collected through a literature review from various document sources such as books, articles and journals that have a doi number. Research result is digital bloom (higher orders thinking skills) in music learning that can be done through various technologies ranging from Web 2.0 which includes blogging, Wikis & Wordpress, etc.; certain platforms or applications such as Moodle; through digital technologies such as DVD/CD and television. Activities carried out by students start from introducing students to the platform that will be used until students are able to use, send, analyze something, discuss and argue to use the digital media to record and or make short writing. 21st century skills with digital bloom in music learning can be done by searching, finding, compiling ideas or opinions and being able to describe and develop ideas they have to others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Hermawati Dwi Arini, M.Pd ; 2). Dr. Clemy Ikasari, M.Pd
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 11352 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:40
Last Modified: 31 Aug 2021 07:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18327

Actions (login required)

View Item View Item