PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS INTERACTIVE LECTURE DEMONSTRATIONS PADA MATERI GERAK PARABOLA

ZUHRIANA ILMI HASANAH, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS INTERACTIVE LECTURE DEMONSTRATIONS PADA MATERI GERAK PARABOLA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merebaknya pandemi Covid-19 sehingga dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh. Dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh, diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan keadaan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memproduksi video pembelajaran berupa video animasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Interactive Lecture Demonstrations pada materi gerak parabola. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan yang mengacu pada model 4D oleh Thiagarajan, Semmel, & Semmel. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan Skala Likert yang dimodifikasi oleh Riyanto dan Hatmawan. Video pembelajaran ini telah melalui tahap uji validasi dengan persentase ahli materi 96% dan ahli media 76%. Uji Coba video ini dilakukan terhadap 33 peserta didik kelas X IPA dan pendidik/guru fisika dengan persentase yang diperoleh yaitu 96% menurut guru dan 82% menurut peserta didik. Penelitian ini mengalami peningkatan dalam segi media karena disajikan dalam bentuk animasi, namun perlu pengembangan lebih lanjut dari segi pembelajaran terutama dalam peningkatan aktivitas belajar siswa yang berbasis Interactive Lectcure Demonstrations. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh data bahwa video animasi berbasis Interactive Lecture Demonstrations pada materi gerak parabola merupakan media yang sesuai untuk pembelajaran fisika. This research was motivated by the outbreak of the Covid-19 pandemic so that school from home was carried out. With the implementation of school from home, learning media are needed in accordance with the existing circumstances. This study aims to develop and produce learning videos in the form of animated videos using a learning model based on Interactive Lecture Demonstrations on parabolic motion material. This study uses the Research and Development method that refers to the 4D model by Thiagarajan, Semmel, & Semmel. The instrument in this study was a questionnaire using a Likert Scale modified by Riyanto and Hatmawan. This learning video has gone through the validation test phase with the percentage of material experts 96% and media experts 76%. This video readability test was conducted on 33 students of class X science and physics educators/teachers with the percentages obtained, namely 96% according to teachers and 82% according to students. This research has increased in terms of media because it is presented in the form of animation, but it needs further development in terms of learning, especially in increasing student learning activities based on Interactive Lectcure Demonstrations. Based on these results, it was obtained data that animated video based on Interactive Lecture Demonstration on parabolic motion material is an appropriate medium for learning physics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. rer. nat Bambang Heru Iswanto, M.Si.; 2. Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11265 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:10
Last Modified: 18 Aug 2022 07:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18359

Actions (login required)

View Item View Item