Pengembangan Media Video Teknik Dasar Jatuhan pada Perguruan Rajawali Putih di SMP N 167

BUNGA PERWITASARI, . (2018) Pengembangan Media Video Teknik Dasar Jatuhan pada Perguruan Rajawali Putih di SMP N 167. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bunga Perwitasari - 1215125720.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media video pembelajaran tentang teknik dasar jatuhan pada perguruan Rajawali Putih. Media video ini dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan diluar jam latihan dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Dalam mengembangkan video ini, pengembang menggunakan model pengembangan berorientasi produk oleh Bergman & Moore. Tahapan yang terdapat pada model Bergman & Moore ini sangat sesuai untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media video. Model ini memiliki 6 tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, produksi, penggabungan, dan validasi. Teknik evaluasi pada penelitian pengembangan ini menggunakan evaluasi formatif, yang terdiri dari expert review (ahli materi dan ahli media), uji coba one-to-one, dan uji coba lapangan (field test). Pada tahap evaluasi ini melibatkan dua ahli materi, satu ahli media, tiga orang peserta (one-to-one), dan 14 orang peserta (field test). Hasil dari masing-masing tahap, sebagai berikut: ahli materi OR 3,50, ahli materi Ketua RP 3,75, ahli media 3,37, one-to one 3,22, field test 3,58, dan field test (rubrik) 93%. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa media video secara keseluruhan dapat dinyatakan memiliki kualitas yang baik dan dapat digunakan oleh peserta dalam mempelajari gerakan teknik dasar jatuhan dan dapat membantu pelatih dalam menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eveline Siregar, M.Pd. 2) Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Nov 2019 09:33
Last Modified: 26 Nov 2019 09:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1844

Actions (login required)

View Item View Item