PENGEMBANGAN APLIKASI BUKU SAKU BERBASIS PETA KONSEP SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA

ALFIRSA SEKAR TANMALA PUTRI, . (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI BUKU SAKU BERBASIS PETA KONSEP SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi buku saku berbasis peta konsep yang layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran fisika di kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development, R&D) dengan model Lee Owen. Tahapan penelitian terdiri atas lima langkah, yaitu Assessment/Analysis (Penilaian/Analisis), Need assessment, Front-end analysis, Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini menghasilkan produk berupa aplikasi buku saku bernama Phypo Book. Aplikasi buku saku ini berukuran 7,81 MB. Aplikasi buku saku ini memuat materi singkat, video pembelajaran, contoh soal, dan soal evaluasi interaktif yang dikemas dalam bentuk peta konsep. Produk yang dihasilkan diuji kelayakan secara perangkat lunak, media pembelajraan, serta materi oleh ahli dengan meggunakan instrumen angket berskala likert. Hasil uji kelayakan memperoleh 81,1% untuk aspek perangkat lunak, 86,25% untuk aspek media pembelajaran, dan 84,96% untuk aspek materi. Produk diuji kelayakannya oleh guru dan mendapatkan rata-rata untuk semua aspek adalah 87,5%. Produk juga diuji cobakan kepada pengguna dan mendapatkan hasil 88,7%. Berdasarkan interpretasi pada tingkat kriteria kelayakan, hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi buku saku berbasis peta konsep yang dihasilkan sangat layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran fisika kelas XI SMA. This research aims to produce a pocket book application based on concept maps that deserves to be used as a supporting media for defense and physics in grade XI high school. This research uses research and development (R&D) with Lee Owen model. The research phase consists of five steps, namely Assessment/Analysis, Need assessment, Front-end analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. This research resulted in a product in the form of a pocket book application called Phypo Book. This pocketbook app measures 7.81 MB. This pocketbook application contains short materials, learning videos, sample questions, and interactive evaluation questions that are packaged in the form of concept maps. The resulting product is software-tested, defense media, and materials by experts using likert-scale questionnaire instruments. The feasibility test result obtained 81.1% for software aspect, 86.25%for learning media aspect, and 84.96% for material aspect. The product was tested for feasibility by the teacher and the average for all aspects was 87.5%.The product was also tested on users and got 88,7% results. Based on the interpretation at the level of eligibility criteria, the results show that the concept map-based pocketbook application that is produced is very feasible to be used as a supporting medium for physics learning in grade XI SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). FAUZI BAKRI, S.Pd.,M.Si. ; 2). Dr. WIDYANINGRUM INDRASARI, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11512 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 09:18
Last Modified: 02 Sep 2021 09:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18487

Actions (login required)

View Item View Item