RISKA JULIANTI, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN GERAK MANIPULATIF BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (305kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan jasmani merupakan proses penting dari proses pendidikan. Melalui pendidikan jasmani yang dijalankan dengan baik, siswa akan mengembangkan keterampilan yang berguna bagi hidupnya, terlibat dalam setiap aktivitas yang kondusif untuk mengembangkan pola hidup sehat dan bugar. Dalam proses pendidikan jasmani gerak manipulatif merupakan rangkaian gerak yang penting. Gerak manipulatif yaitu kemampuan mengontrol sebuah objek dalam melakukan berbagai macam gerakan. Contoh dari gerak Manipulatif yaitu, memukul bola, menendang bola, melakukan dribbling dengan tangan dan kaki, melempar dan masih banyak lagi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Dimana terdapat 3 tahapan dalam model ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini berjumlah 15 model yang layak. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani yang ada disekolah dasar guru cenderung memberikan materi pembelajaran gerak manipulatif menggunakan metode komando serta kurangnya pembaharuan dan variasi dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil yang efektif maka peneliti membuat model pembelajaran gerak manipulatif berbasis permainan pada siswa kelas atas sekolah dasar. Physical education is an important process of the educational process. Through well-executed physical education, students will develop skills that are useful for their lives, engaging in every activity that is conducive to developing a healthy and fit lifestyle. In the process of physical education, manipulative motion is an important series of movements. Manipulative motion is the ability to control an object in various kinds of movements. Examples of manipulative movements are hitting the ball, kicking the ball, dribbling with hands and feet, throwing and many more. The research method used in this research is research and development with the ADDIE model. Where there are 3 stages in the ADDIE model, namely analysis, design, development. The models developed in this study amounted to 15 feasible models. In the learning process of physical education in elementary schools, teachers tend to provide manipulative motion learning materials using the command method and the lack of renewal and variation in learning. To get effective results, the researchers created a game-based manipulative motion learning model for upper grade elementary school students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sujarwo, M.Pd ; 2). Muchtar Hendra Hasibuan, M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Users 11887 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 01:40 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 01:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18639 |
Actions (login required)
View Item |