HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA SMP N 2 BONGAS INDRAMAYU (Studi Korelasional diSMP N 2 Bongas Indramayu)

Khurotu A’yun, . (2012) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA SMP N 2 BONGAS INDRAMAYU (Studi Korelasional diSMP N 2 Bongas Indramayu). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File 1-dikompresi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (20kB)
[img] Text
File 3.pdf

Download (38kB)
[img] Text
File 4.pdf

Download (119kB)
[img] Text
File 5.pdf

Download (57kB)
[img] Text
File 6.pdf

Download (644kB)
[img] Text
File 7.pdf

Download (17kB)

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat masalah rendahnya motivasi mengajar sehingga dapat mempengaruhi proses pembelajaran, sehingga dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik agar lebih baik maka perlu meningkatkan motivasi mengajar, supaya dalam proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data yang empiris tentang hubungan motivasi mengajar dengan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini dilaksanakan diSMP N 2 Bongas Indramayu, waktu penelitian berlangsung dalam jangka waktu 3 bulan terhitung dari bulan maret 2012 samapai bulan mei 2012. Metode penelitian ini mengunakan studi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 guru dengan menggunakan angket skala sikap. Dari perhitungan normalitas dengan lillefors variabel X dihasilkan Lhitung sebesar=0,40, n=28 dengan taraf signifikan 0, 05 Ltabel =0,161. Jadi Lhitung lebih besar dari Ltabel, dengan demikian dapat simpulkan bahwa data berdistribusi normal. Variabel Y di hasilkan Lhitung sebesar=0,135, n=28 dengan taraf signifikan 0,05 Ltabel=0,161. Jadi Lhitung lebih kecil dari Ltabel, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Perhitungan Keberartian regresi dihasilkan Fhitung=18,35 dan Ftabel=4,22 sehingga Fhitung lebih besar dari Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi adalah signifikan. Kelinearan regresi dihasilkan Fhitung=1,03 dan Ftabel=2,60 sehingga Fhitung lebih kecil dari Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi adalah linear. Dari hasil product moment disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel X terhadap Variabel Y karena rhitung (0,643) lebih besar dari rtabel (0,361), ini berarti jika motivasi mengajar tinggi maka kompetensi pedagogik guru meningkat. Dari perhitungan Uji-t dihasilkan thitung (4,28) lebih besar dari ttabel (1,71), maka dapat simpulkan terdapat hubungan signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Dengan demikian dari perhitungan data penelitian dapat simpulkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi mengajar dengan kompetensi pedagogik guru diSMP N 2 Bongas Indramayu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Achmad Husen,M.Pd 2.) Dra. Herawati
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 26 Nov 2019 11:18
Last Modified: 26 Nov 2019 11:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item