NUR ANNISA ARDHIANI, . (2021) HUBUNGAN EKOLITERASI DAN KECERDASAN NATURALIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (110kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah pencemaran lingkungan merupakan ancaman bagi kehidupan manusia. Salah satu upaya jangka panjang untuk mengatasinya adalah dengan membentuk kemampuan pemecahan masalah pencemaran lingkungan yang disertai oleh ekoliterasi dan kecerdasan naturalis yang memadai pada siswa. Ekoliterasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan. Siswa dengan kecerdasan naturalis akan memiliki pemahaman yang baik terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sehingga dapat lebih baik dalam melakukan pemecahan masalah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ekoliterasi dan kecerdasan naturalis dengan kemampuan pemecahan masalah pencemaran lingkungan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 54 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 114 siswa dipilih dengan teknik simple random sampling. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pertama, ekoliterasi memiliki hubungan positif kategori cukup kuat dengan kemampuan pemecahan masalah pencemaran lingkungan. Kedua, kecerdasan naturalis memiliki hubungan positif kategori rendah dengan kemampuan pemecahan masalah pencemaran lingkungan. Ketiga, ekoliterasi dan kecerdasan naturalis secara bersama-sama memiliki hubungan positif kategori cukup kuat dengan kemampuan pemecahan masalah pencemaran lingkungan. The problem of environmental pollution is a threat to human life. One of the long-term effort to overcome this is to form the ability to solve problems of environmental pollution accompanied by adequate ecoliteracy and naturalist intelligence in students. Ecoliteracy can improve students' ability to make decisions to solve environmental problems. Students with naturalist intelligence will have a good understanding of the problems that occur in the environment so that they can be better at solving environmental problems. This study aims to determine the relationship of ecoliteracy and naturalist intelligence with students' environmental pollution problem solving ability. This research was conducted at SMA Negeri 54 Jakarta in the second semester of the 2020/2021 academic year. The method used is descriptive quantitative with correlational studies. The sample used was 114 students selected by simple random sampling technique. The conclusion of this study is that first, ecoliteracy has a fairly strong positive relationship with environmental pollution problem solving ability. Second, naturalist intelligence has a low positive relationship with environmental pollution problem solving ability. Third, ecoliteracy and naturalist intelligence together has a fairly strong positive relationship with environmental pollution problem solving ability.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 12152 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 11:21 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 08:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18700 |
Actions (login required)
View Item |