KONSEP DIRI DAN PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PAKET C (Studi: Peserta Didik Paket C PKBM Negeri 04 Pademangan, Jakarta)

Marwah Aya Shofia,, . (2012) KONSEP DIRI DAN PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PAKET C (Studi: Peserta Didik Paket C PKBM Negeri 04 Pademangan, Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Skripsi New.pdf

Download (732kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konsep diri dan pandangan masyarakat terhadap Paket C PKBMN 04 yang berlokasi di Jalan Pademangan VI/7 RT.004/010 Jakarta Utara. PKBM ini merupakan lembaga yang berbasis masyarakat berdasarkan analisis kebutuhan masyarakat. Pendidikan kesetaraan yang diselenggarakan PKBMN 04 hanya menyediakan progam jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPC). Selain itu PKBM ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki PKBM pada umumnya. Keunikan PKBM ini yaitu memiliki peserta didik terbanyak dalam KBM dan mengenakan seragam sekolah. Hal tersebut menjadi alasan penulis untuk mengetahui bagaimana pembentukan konsep diri dan pandangan masyarakat terhadap Paket C di PKBMN 04 Pademangan Penelitian ini merupakan studi yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah lima peserta didik Paket C. Sedangkan key informan yaitu: penanggungjawab (penjab), tiga orang tutor, dua orang Suku Dinas (Sudin) PNFI Jakarta Utara, satu orangtua murid, satu alumni, dan tiga orang masyarakat sekitar PKBM Negeri 04. Penelitian dilakukan selama satu tahun dengan dua kali periode. Periode pertama pada saat bulan Oktober hingga Desember 2011 dengan pengamatan sambil lalu. Pada periode kedua dari bulan Januari hingga Juli 2012. Penelitian ini menemukan proses terjadinya pembentukan konsep diri dan pandangan masyarakat terhadap Paket C terjadi karena adanya: pertama, stigmatisasi peserta didik Paket C. Kedua, pendidikan kesetaraan Paket C sebagai sarana aktualisasi masa depan. Tentu saja dengan peran yang dimiliki yaitu keluarga dan sekolah. Hal demikian dapat memepengaruhi pembentukan konsep diri peserta didik Paket C. Ketiga, peserta didik Paket C memandang dirinya sebagai masyarakat marginal. Keempat, upaya-upaya peserta didik menghadapi stigma. Hasil analisis adalah konsep diri peserta didik adalah diri yang mengalami terpaan dari luar, seperti: ejekan rasa minder, kekecewaan, persepsi keliru, dan eksistensi. Sentuhan secara intelektual mampu menepis label negatif. Sehingga label tersebut merupkan stigma negatif yang keliru. Diri pada peserta didik adalah diri seorang pejuang. Dengan begitu lulusan pendidikan kesetaraan Paket C mampu bersaing baik dalam ranah intelektual maupun dunia kerja. Kata Kunci: Konsep diri, Stigma, dan Marginal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Robertus Robet, M.A 2.) Dra. Evy Clara, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 26 Nov 2019 12:24
Last Modified: 26 Nov 2019 12:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item