PENGEMBANGAN MEDIAE-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK TOPIK MATERI MEKANIKA: GERAK DAN GERAK HARMONIK SEDERHANA FISIKA KELAS X SMA

BAGAS LUTVHI ANDRI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIAE-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK TOPIK MATERI MEKANIKA: GERAK DAN GERAK HARMONIK SEDERHANA FISIKA KELAS X SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menggunakan e-learning yang terdapat aktivitas di dalamnya dapat meningkatkan emosi positif siswa dalam belajar. Emosi positif yang meningkat akan meningkatkan minat belajar dan juga dapat memotivasi siswa dalam belajar fisika. Selain itu, perkembangan tekonologi di abad 21 juga sangat mendukung pembelajaran menggunakan e-learning yang membutuhkan perangkat elektronik dalam penggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-learning berbasis Moodle untuk topik materi mekanika: gerak dan gerak harmonik sederhana fisika kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket menggunakan skala likert satu sampai empat dan dianalisa menggunakan analisa deskriptif. E-learning berbasis Moodle ini telah melalui tahap uji validasi dengan presentase kelayakan 86,36% menurut ahli media dan 87,5% menurut ahli materi. E-learning berbasis Moodle juga telah dilakukan uji coba pada dua puluh peserta didik kelas X MIPA dan pendidik di SMAN 106 Jakarta dengan presentase kelayakan 93,75% menurut pendidik dan 97,5% menurut dua puluh siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa e-learning berbasis Moodle untuk topik materi mekanika gerak dan gerak harmonik sederhana fisika kelas X SMA layak digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si.; 2). Dewi Muliyati, S.Pd, M.Si, M.Sc.;
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11382 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 00:12
Last Modified: 03 Sep 2021 08:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item