MODEL MODUL ILMU PENGANTAR KUNCI-KUNCI KAIDAH BAHASA ARAB UNTUK KELAS PERSIAPAN BAHASA ARAB (Penelitian Pengembangan di Ma'had Umar bin Khattab Yogyakarta)

ANDI AFIFA TSURAYA, . (2021) MODEL MODUL ILMU PENGANTAR KUNCI-KUNCI KAIDAH BAHASA ARAB UNTUK KELAS PERSIAPAN BAHASA ARAB (Penelitian Pengembangan di Ma'had Umar bin Khattab Yogyakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (899kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Ma’had Umar bin Khattab Yogyakarta, dan penelitian ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa dan guru terhadap modul untuk kelas persiapan bahasa Arab di Ma’had Umar bin Khattab Yogyakarta, merancang modul pelatihan bahasa Arab dasar, dan mengetahui penilaian para ahli terhadap modul pelatihan bahasa Arab dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan berdasarkan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation). Peneliti membatasi langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan langkah: (1) Analisis (Analysis), Analisis kebutuhan terhadap modul pelatihan bahasa Arab dasar 12 jam untuk kelas persiapan bahasa Arab, (2) Desain (Design) dan pengembangan (Development), peneliti mengumpulkan berbagai referensi untuk pengembangan modul pelatihan bahasa Arab dasar 12 jam, kemudian menyusun materi untuk modul pelatihan bahasa Arab dasar kemudian mendesain tampilan bahan ajar dengan tampilan yang lebih bagus dari sebelumnya, (3) Penilaian produk dilakukan oleh ahli review. Analisis kebutuhan terhadap siswa dan guru terhadap modul untuk kelas persiapan bahasa Arab dilakukan oleh peneliti melalui wawancara terstruktur terhadap 13 guru kelas persiapan bahasa Arab Ma’had Umar bin Khattab Yogyakarta dengan memberikannya pertanyaan pada angket wawancara melalui formulir google form. Dan hasil analisis kebutuhan yang diperoleh dari wawancara terstruktur tersebut adalah dengan mengumpulkan referensi dan menyusun kembali materi yang dianggap kurang, menambah materi sharaf, memperbanyak mufradat, contoh-contoh, latihan-latihan, dan memberikan warna pada modul. Penilaian ahli review terhadap model modul untuk kelas persiapan bahasa Arab yang penulis beri nama buku “Ilmu Pengantar Kaidah Bahasa Arab: Mafatihul Qawa’id” untuk kelas persiapan bahasa Arab, memperoleh nilai rata-rata 4,1 dan temasuk dalam kategori “Sempurna”. Dengan demikian, model modul ilmu pengantar kunci-kunci kaidah bahasa Arab untuk kelas persiapan bahasa Arab sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.   This research was conducted at Ma'had Umar bin Khattab Yogyakarta, and this scientific research aims to analyze the needs of students and teachers for the module for the Arabic language preparation class at Ma'had Umar bin Khattab Yogyakarta, designing the Arabic language training module, and know expert judgment. The method used in this research is a development method based on the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation). The researcher limited the step to as followes: (1) Analysis; the need analysis of the 12-hour basic Arabic training module for Arabic preparation classes, (2) Design and development, The researcher collected various references for the development of the 12-hour basic Arabic training module, then compiled the material for the basic Arabic training module and then designed the display of the teaching materials with a better appearance than before, (3) Product’s assessment was done by experts. The needs analysis of students and teachers in the module for Arabic preparation classes was carried out by research through structured interviews with 13 teachers of Umar bin Khattab's Yogyakarta Arabic training class by giving them questions in an interview questionnaire via a google form. And the results of the needs analysis obtained from the structured interview are by collecting references and rearranging the material that is considered lacking, adding sharaf material, increasing mufradat, examples, exercises, and giving color to the module. The expert's review of the module which the author named the book "Mafatihul Qawa'id: Ilmu Pengantar Kaidah Bahasa Arab" for the Arabic language preparation class, gained 4.1 for its average which then defined as "perfect" category. Thus, the module model introduction to the keys of Arabic language rules for Arabic preparation classes is well worth using in teaching and learning activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. ; 2). Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11436 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:59
Last Modified: 02 Sep 2021 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18806

Actions (login required)

View Item View Item