PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNJ

OZA RAHMAH TIARA, . (2021) PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha, pengaruh internal locus of control terdapat intensi berwirausaha, serta pengaruh kecerdasan adversitas dan internal locus of control terhadap intensi berwirausaha. Penelitian ini dilakukan selama delapan bulan, dimulai dari bulan Januari 2021-Juli 2021. Populasi pada penelitian ini berjumlah 387 mahasiswa. Berdasarkan rumus Slovin maka, didapatkan sampel sejumlah 197 responden. Teknik pemilihan responden menggunakan proportionate stratified random sampling, yaitu menggunakan metode acak proporsional berstratifikasi. Untuk pengolahan data, peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Kecerdasan Adversitas (X1), Internal Locus of Control (X2) dan Intensi Berwirausaha (Y) merupakan data primer yang berbentuk kuesioner penelitian. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu, uji normalitas dan linearitas. Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov memberikan hasil signifikasi sebesar 0,303 untuk variabel kecerdasan adversitas, 0,162 untuk variabel internal locus of control dan 0,248 untuk variabel intensi berwirausaha. Kemudian untuk uji linearitas, nilai signifikansi linearity yang dihasilkan sebesar 0,01 untuk masing-masing untuk kecerdasan adversitas dan internal locus of control. Uji selanjutnya yaitu, menggunakan path analysis, uji F dan uji t. Dari pengujian uji F didapatkan hasil F hitung (7,595) > F tabel (3,04). Kemudian, untuk uji t, didapatkan t hitung 2,213 untuk variabel kecerdasan adversitas dan 2,065 untuk variabel internal locus of control. Keduanya memiliki nilai t hitung > t tabel (1,972). Hal tersebut memberikan kesimpulan bahwa kecerdasan adversitas dan internal locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha baik secara simultan maupun parsial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus ; 2) Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 12241 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:09
Last Modified: 06 Jul 2022 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18882

Actions (login required)

View Item View Item