120 TAHUN PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI JAKARTA (TAHUN 1901-2021)

MIGUEL ANGELO JONATHAN, . (2021) 120 TAHUN PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI JAKARTA (TAHUN 1901-2021). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Mandarin memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Selama 120 tahun eksistensinya, tujuan dan kondisi pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia telah mengalami perubahan dan perkembangan yang berbeda-beda selama periode tertentu. Meski begitu, masih terdapat anggapan bahwa pembelajaran bahasa Mandarin pada tahun 2021 masih sama dengan tahun 1901 ketika bahasa tersebut baru pertama kali diajarkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia, khususnya di Jakarta, selama kurun waktu 1901-2021. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menggambarkan perbedaan kondisi pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia pada masa yang telah lewat dengan masa kini, serta mengetahui peristiwa apa saja yang memengaruhi perkembangan pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan sejarah. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode dokumentasi, dengan sumber-sumber yang digunakan di antaranya adalah artikel koran, buku, serta dokumen tertentu yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Mandarin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Mandarin di Jakarta mengalami pasang surut dalam pelaksanaannya dilihat dari kondisi politik atau pemerintahan, yaitu periode 1901-1945, periode 1945-1966, periode 1966-1998, dan periode 1998-2021. Masing-masing periode menunjukkan perbedaan kondisi pembelajaran bahasa Mandarin mencakupi tujuan pembelajaran, peserta didik, dan pelaksanaan pembelajaran bahasa Mandarin. Mandarin language learning has a long history in Indonesia. In 120 years of its existence, the purpose and condition of mandarin language leaerning in Indonesia has undergone changes and various development during some certain period. However, there still remain a paradigm said mandarin language learning in 2021 was still has no difference comparing to the prior time, when the language was taught at the first time. This research was conducted to apprehend the condition of mandarin language learning in Indonesia, particularly in Jakarta, during 1901-2021. Futhermore, this research was conducted to portray the difference of mandarin language learning in the past and the present, as well as to know the events that affect the development of mandarin language learning in Indonesia. This research is conducted by qualitative research with historical approach. The researcher collected the data by documentation method, with resources from articles in the newspaper, books, and some certain document related to the mandarin language learning. The result of this study shows that in the implementation of Mandarin language learning in Jakarta experienced many ups and downs, it can be seen from the political or government conditions in 1901-1945, 1945-1966, 1966-1998, and 1998 until present. The Mandarin language learning from each era shows different characteristics, those characteristics can be seen from learning objectives, the students, and the implementation of Mandarin language learning itself.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ayu Trihardini, M.A. ; 2). Hudiyekti Prasetyaningtyas, S.S., M.Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 12308 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 09:02
Last Modified: 03 Sep 2021 09:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item