PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BIM PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMKN 52 JAKARTA

ANDREAS DWI JATI PRASETYO, . (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BIM PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMKN 52 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (929kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penerapan teknologi Building Information Modeling (BIM) pada sektor industri konstruksi seharusnya didukung juga oleh sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dalam pemanfaatan teknologi BIM. SDM yang memiliki kemampuan dalam pemanfaatan teknologi BIM di Indonesia terbilang cukup rendah. Hal ini menjadi tantangan bagi institusi pendidikan, khususnya SMK untuk menyiapkan siswanya agar memiliki kemampuan dalam pemanfaatan teknologi BIM dan dapat bersaing di dunia industri konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis BIM pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMKN 52 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media terhadap e-modul yang dikembangkan masuk pada kategori sangat layak dengan persentase validasi ahli materi sebesar 86,51% dan persentase validasi ahli media sebesar 86,75%. Hasil uji coba terbatas e-modul pada 10 siswa kelas XII DPIB, didapatkan rata-rata nilai pretest sebesar 46 dan rata-rata nilai posttest sebesar 86. Penilaian siswa terhadap e-modul yang dikembangkan masuk pada kategori sangat layak dengan persentase kelayakan sebesar 90%. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media serta hasil uji coba terbatas, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Kata kunci : BIM, SMK, Bahan ajar, Modul elektronik. *ABSTRACT* The application of Building Information Modeling (BIM) technology in the construction industry sector should also be supported by human resources (HR) who have the ability to utilize BIM technology. Human resources who have the ability to use BIM technology in Indonesia are quite low. This is a challenge for educational institutions, especially vocational schools to prepare their students to have the ability to use BIM technology and be able to compete in the construction industry. This research was aimed to develop a BIM-based e-module on Software Applications and Building Interior Design course at SMKN 52 Jakarta. The method used in this study is a research and development method with the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results of the validation carried out by material experts and media experts on the developed e-module are in the very feasible category with a material expert validation percentage of 86.51% and a media expert validation percentage of 86.75%. The results of a limited trial of e-modules on 10 students of class XII DPIB, obtained an average pretest score of 46 and an average posttest score of 86. Students' assessment of the developed e-module is in the very feasible category with a percentage of eligibility of 90% . Based on the results of validation by material experts and media experts as well as the results of limited trials, it can be concluded that the e-module developed is feasible and can be used as teaching material in the subjects of Software Applications and Building Interior Design. Keywords: BIM, SMK, Teaching materials, Electronic Module.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Muhammad Agphin Ramadhan, M.Pd. 2) Ririt Aprilin Sumarsono, S.T., M.Sc.Eng.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 12392 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:12
Last Modified: 02 Sep 2021 06:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19203

Actions (login required)

View Item View Item