PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BIM AUTODESK INFRAWORKS PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN DI SMKN 1 CIKARANG BARAT

OKI DWI DARMAWAN, . (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BIM AUTODESK INFRAWORKS PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN DI SMKN 1 CIKARANG BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Oki Dwi Darmawan, M. Agphin Ramadhan, M.Pd, Anisah. MT, 2021. Pengembangan E-modul Berbasis BIM Autodesk Infraworks Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan di SMKN 1 Cikarang Barat. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk bahan ajar e-modul perencanaan desain jalan dan jembatan berbasis BIM pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan di SMKN 1 Cikarang Barat. Penelitian ini menggunakan metode 4D yang terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu tahap Define, Design, Development, dan Dissemination. Penelitian ini dimulai dengan menyebarkan kuesioner analisis kebutuhan, kemudian perancangan produk e-modul sesuai kebutuhan, setelah itu dilakukan uji kelayakan produk oleh para validator media dan materi, lalu dilakukan uji coba terbatas produk ke siswa untuk mendapatkan respon pengguna produk yang dikembangkan, serta terakhir pembagian produk ke pihak sekolah dan guru mata pelajaran untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Hasil kelayakan dari uji validasi materi menunjukan 90% (sangat layak) dan hasil uji validasi media menyatakan 87% e-modul sangat layak digunakan, lalu hasil uji coba terbatas menunjukan peningkatan kognitif kategori sedang dengan nilai gain score (g) 0,6 dan nilai respon siswa uji terbatas sebesar 82% yang menyatakan e-modul sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan data uji validasi dan uji coba terbatas tersebut dapat disimpulkan e-modul berbasis BIM pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan ini sangat layak digunakan sebagai variasi bahan ajar dalam pembelajaran mandiri bagi siswa SMKN 1 Cikarang Barat. *ABSTRACT* Oki Dwi Darmawan, M. Agphin Ramadhan,M. Pd, Anisah, MT. 2021. Development of Autodesk Infraworks BIM-Based E-modul in Road and Bridge Construction Subjects at SMKN 1 Cikarang Barat. Undergraduate Thesis. Jakarta: Study Program Of Building Engineering Education, Faculty of Engineering, Jakarta State University. 2021. This research is a type of development research that aims to develop and produce e-modul teaching materials for road and bridge design planning based on BIM in the Subject of Road and Bridge Construction at SMKN 1 Cikarang Barat. This study uses the 4D method which consists of four stages of research, namely the Define, Design, Development, and Dissemination stages. This research began by distributing a needs analysis questionnaire, then designing an e-modul product as needed, after that a product feasibility test was carried out by media and material validators, then a limited trial of the product was carried out to students to get user responses for the product developed, and finally distribution. products to schools and subject teachers to be implemented in the learning process. The results of the feasibility of the material validation test showed 90% (very feasible) and the results of the media validation test stated that 87% of the e-modul was very feasible to use, then the results of the limited trial showed cognitive improvement in the high category with a gain score (g) of 0.6. The students' response to the test was limited to 82% who stated that the e-modul very practical to be used. Based on the validation test data and limited trials, it can be concluded that the BIM-based e-modul in the Road and Bridge Construction subject is very suitable to be used as a variation of teaching materials in independent learning for students of SMKN 1 Cikarang Barat. Keywords: BIM, E-Modul, Road and Bridge Construction

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) M. Agphin Ramadhan, M. Pd 2) Anisah, MT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 10321 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 21:44
Last Modified: 02 Sep 2021 21:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item View Item