SHENNY NUR KHAERUNNISA, . (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI GAYA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (531kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-Modul IPA Berbasis Scientific Approach Materi Gaya Kelas V Sekolah Dasar. Dari data hasil uji coba menggunakan analisis kebutuhan, peneliti menemukan beberapa permasalahan yang dialami 1) Kesulitannya orang tua dalam membimbing anaknya pada masa pandemi covid-19 yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh 2) Materi dalam buku tematik sudah lengkap hanya saja masih diperlukannya buku pelajaran tambahan untuk menunjang materi 3) Belum tersedianya e-modul IPA. Dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan sebuah pengembangan media pembelajaran yang dapat mempermudah dalam pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara mandiri. Penelitian dari pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). E-Modul ini diuji cobakan pada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, uji coba pengguna one to one, small group, dan field test secara online. Hasil uji coba ini memperoleh skor rata-rata 92,5% untuk ahli materi, 78,8% untuk ahli media dan 85% untuk ahli bahasa. Hasil uji coba pengguna 80% untuk tahap one to one, 79% untuk tahap small group dan 98,8% untuk tahap field test. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul IPA berbasis scientific approach termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik (SB)” sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V Sekolah Dasar. This research and development aims to produce scientific approach-based E-Module product on subject Energy for Grade V Elementary School. The data from demand analysis shows the problem that exist 1) The difficulty of parents in guiding their children during the Covid-19 pandemic that requires distance learning 2) The material in thematic books is complete only that additional books still needed to support the material 3) there is no availability Science E-Module yet. it can be conclude that teacher need a learning media development that can facilitate distance learning independently. This research and development using ADDIE model research (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). This E-Module is tested online to material expert, media experts, languists, one to one test, small group test and field test. The result of this trial scored an average 92.5% for material experts, 78.8% for media experts and 85% for linguists. User trial results were 80% for one to one stage, 79% for small group stage, and 98.8% for field test. This indicates that scientific approach based Science E-Module development falls into “excellent” category so that it is feasible to be used in Science grade V Elementary School Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 12376 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 03:49 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 03:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19340 |
Actions (login required)
View Item |