PENGEMBANGAN MODUL LITERASI SAINS BERBASIS PEMBELAJARAN DARING PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

SOYA PRAMESTI SHAHIDA, . (2021) PENGEMBANGAN MODUL LITERASI SAINS BERBASIS PEMBELAJARAN DARING PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul literasi sains berbasis pembelajaran daring pada muatan IPA materi ekosistem untuk kelas V sekolah dasar. Modul literasi sains tersebut untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran daring dalam materi ekosistem. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE dengan tahapan pengembangan sebagai berikut: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; dan (5) Evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta peserta didik kelas V sekolah dasar sebagai calon pengguna produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul literasi sains berbasis pembelajaran daring pada muatan IPA materi ekosistem untuk kelas V sekolah dasar memperoleh presentase sebesar 91% dari ahli materi, 86% dari ahli bahasa, dan 84% dari ahli media dengan masing-masing kategori “sangat layak”. Hasil uji coba pengguna pada peserta didik memperoleh keseluruhan rata-rata sebesar 93% dengan kategori “sangat baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa modul literasi sains berbasis pembelajaran daring pada muatan IPA materi ekosistem ini sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring dan menarik bagi siswa. This study aims to produce a scientific literacy module based on online learning on the content of ecosystem material for the fifth grade of elementary school. The scientific literacy module is to facilitate students in online learning in ecosystem materials. This development research uses the Research and Development method (R&D) with reference to the ADDIE model with the following development stages: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; and (5) Evaluation. The trial subjects in this development research were expert subjects, namely material experts, linguists, and media experts, as well as fifth grade elementary school students as potential users of the product. The data collection technique was done by using a questionnaire. The results showed that the scientific literacy module based on online learning on the content of ecosystem material for fifth grade elementary school received a percentage of 91% from material experts, 86% from linguists, and 84% from media experts with each category "very feasible" . The results of user trials on students obtained an overall average of 93% in the "very good" category. It can be concluded that the scientific literacy module based on online learning on the content of this ecosystem material is very suitable for use in online learning activities and very interesting for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Drs. A. R. Supriatna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11930 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:57
Last Modified: 03 Sep 2021 04:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19354

Actions (login required)

View Item View Item