MODEL PEMBELAJARAN BANTINGAN HARAI GOSHI DALAM BELADIRI JUDO BERBASIS PERMAINAN KECIL PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP PERGURUAN BUDDHI KOTA TANGERANG

ALLAN YUSUF HAKKINEN, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN BANTINGAN HARAI GOSHI DALAM BELADIRI JUDO BERBASIS PERMAINAN KECIL PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP PERGURUAN BUDDHI KOTA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGRI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK MODEL PEMBELAJARAN BANTINGAN HARAI GHOSHI DALAM BELADIRI JUDO BERBASIS PERMAINAN KECIL PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP BUDDHI KOTA TANGERANG ALLAN YUSUF HAKKINEN,FIR,1MANSYAH DLIS,2IWAN SETIAWAN Pendidikan Jasmani, Universitas Negri Jakarta allanyusufhakkinen11@gmail.com Abstrak Penelitian ini didasari oleh pentingnya perkembangan dalam kemampuan bantingan harai goshi, kemampuan bantingan ini harus di tunjang dengan pembelajaran ekstrakurikuler di sekolah. Dilihat dari kemampuan bantingang siswa di SMP Buddhi Kota Tangerang terdapat masalah gerakan bantingan harai goshi dimana siswa melakukan bantingan harai goshi dengan tidak benar terutama saat memutar kaki dan menyelengkat kaki dengan benar dan pandangan yang tidak fokus kedepan karna di anggap gerakan harai goshi adalah gerakan yang mudah untuk dilakukan sehingga sering kali siswa menganggap tidak keren dan tidak penting bagi mereka ketika melakukan pembelajaran bantingan harai goshi agar Peneliti membuat model pembelajaran bantingan harai ghosi berbasis permainan kecil yang bertujuan untuk membuat siswa lebih tertarik dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa ekstrakurikuler judo dalam melakukan pembelajaran bantingan harai goshi penelitian ini dilakukan dengan mencari informasi, melakukan observasi dan juga wawancara kepada pelatih terlebih dahulu untuk mengetahui masalah yang ada pada pembelajaran bantingan harai goshi. maka peneliti memerlukan 15 model pembelajaran yang layak kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli, masing-masing ahli pembelajaran, pelatih judo dan permainan. Kemudian model pembelajaran di uji cobakan pada siswa ekstrakurikuler judo kelas 7 sampai kelas 8 di SMP Buddhi Kota Tangerang dan teknik menganalisa data menggunakan validitas para ahli. Hasil akhir adalah bahwa model pembelajaran bantingan harai goshi berbasis permainan kecil layak dan efektif digunakan untuk siswa ekstrakurikuler judo SMP Buddhi Kota Tangerang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Bantingan harai ghoshi, Ekstrakurikuler ABSTRACT HARAI GHOSHI ASSISTANT LEARNING MODEL IN SMALL GAME BASED JUDO FOR EXTRACURICULAR STUDENTS OF BUDDHI SMP, TANGERANG CITY ALLAN YUSUF HAKKINEN,FIRMANSYAH DLIS,IWAN SETIAWAN Pendidikan Jasmani, Universitas Negri Jakarta allanyusufhakkinen11@gmail.com Abstract: This research is based on the importance of development in the ability to throw harai goshi, this kick ability must be supported by extracurricular learning at school. Judging from the slamming ability of students at Buddhi Junior High School, Tangerang City, there is a problem with the harai goshi slamming movement where students do the harai goshi slams incorrectly, especially when turning their legs and stretching their legs correctly and the view is not focused forward because it is considered that the harai goshi movement is an easy movement. to do so that students often think that it is not cool and not important to them when learning harai goshi kicks so that researchers make a small game-based harai ghosi learning model that aims to make students more interested and create a pleasant atmosphere for judo extracurricular students in doing learning This research was conducted by seeking information, conducting observations and also interviewing the trainer beforehand to find out the problems that existed in the learning of harai goshi kicks. the researchers needed 15 appropriate learning models and then validated by 3 experts, each learning expert, judo and game coach. Then the learning model was tested on judo extracurricular students grade 7 to grade 8 at SMP Buddhi Tangerang City and the technique of analyzing data using the validity of experts. The final result is that the harai goshi slamming learning model based on small games is feasible and effective for judo extracurricular students at Buddhi Junior High School Tangerang City. Keywords: harai goshi throwing learning model, extracurricular

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr.Firmansyah Dlis, M.Pd ; 2. Dr. Iwan Setiawan, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 12167 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2021 02:20
Last Modified: 04 Sep 2021 02:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19403

Actions (login required)

View Item View Item