TREN PENELITIAN PENDIDIKAN KEJURUAN BIDANG TEKNIK BANGUNAN

WINDA CAHYATI, . (2021) TREN PENELITIAN PENDIDIKAN KEJURUAN BIDANG TEKNIK BANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

"ABSTRAK" Penelitian ini didasari dengan kecenderungan mahasiswa yang melakukan penelitian dengan memilih tema yang telah banyak diteliti sebelumnya. Sebaran tema penelitian pendidikan kejuruan bidang teknik bangunan yang belum merata pada Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta cenderung meneliti pengembangan media pembelajaran sebesar 22%. Searah dengan penyelesaian masa studi, maka terdapat tren yang telah terjadi pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren yang telah terjadi pada penelitian pendidikan kejuruan bidang teknik bangunan meliputi tren tema penelitian pendidikan kejuruan dan tren tema metodologi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis isi (content analysis) dan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan bahwa tren yang telah terjadi pada penelitian pendidikan kejuruan bidang teknik bangunan di 4 perguruan tinggi yang terdiri dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Sebelas Maret, maka didapatkan tren terkait tema penelitian pendidikan kejuruan serta tren metodologi penelitian, yaitu: 1) Tema penelitian pendidikan kejuruan bidang teknik bangunan yang paling diminati, yaitu penelitian pengajaran dan pembelajaran sebesar 47%, 2) Metode penelitian pendidikan kejuruan bidang teknik bangunan yang diminati, yaitu Research and Development sebesar 31%, 3) Subjek penelitian yang paling diminati, yaitu peserta didik sebesar 58%, 4) Teknik pengumpulan data yang paling diminati, yaitu angket sebesar 36%, dan 5) Teknik analisis data yang paling diminati, yaitu analisis statistik deskriptif sebesar 67%. "ABSTRACT" This research is based on the tendency of students who conduct research by choosing themes that have been widely researched before. The spread of vocational education research themes in the field of building engineering that has not been evenly distributed in Building Engineering Education, Universitas Negeri Jakarta tends to examine the development of learning media by 22%. In line with the completion of the study period, there is a trend that has occurred in the Building Engineering Education Study Program. This research aims to find out the trends that have occurred in vocational education research in the field of building engineering including trends in vocational education research themes and trends in research methodology. This research uses descriptive quantitative research methods with a library research approach. Data collection techniques using documentation. Data analysis techniques are used content analysis and descriptive statistical analysis. The results of this study showed that the trends that have occurred in vocational education research in the field of building engineering in 4 universities consisting of State University of Jakarta, Yogyakarta State University, Universitas Pendidikan Indonesia, and Universitas Sebelas Maret, then obtained trends related to the theme of vocational education research and research methodology trends, namely: 1) The theme of vocational education research in the field of building engineering is most in demand, namely teaching and learning research by 47%, 2) Vocational education research methods in the field of building engineering are in demand, namely Research and Development by 31%, 3) The most desirable research subjects, namely learners by 58%, 4) The most desirable data collection techniques,namely 36% questionnaire, and 5) The most desirable data analysis techniques, namely descriptive statistical analysis by 67%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) M. Agphin Ramadhan, M. Pd 2) Drs. Santoso Sri Handoyo, MT
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 12422 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:07
Last Modified: 03 Sep 2021 03:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19440

Actions (login required)

View Item View Item