EKA YULIWARNI, . (2021) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DAGANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 48 DAN 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (549kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (253kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mencari tahu apakah kebiasaan belajar dan disiplin belajar mempengaruhi hasil belajar praktikum akuntansi perusahaan jasa dagang siswa di SMK Negeri 48 dan 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah penurunan hasil belajar siswa terutama akibat dari adanya pandemi Covid-19 saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan sampel sebanyak 106 siswa dari SMK Negeri 48 dan 50 Jakarta. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dengan menyebarkan kuesioner untuk pengambilan data primer dan data sekunder diperoleh dari nilai ujian akhir semester siswa. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 26. Uji yang digunakan meliputi uji analisis regresi berganda, uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis (uji t dan uji f), kemudian uji koefisien korelasi ganda, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh bahwa kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar, disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar, dan kebisaan belajar dan disiplin belajar berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar. Kata kunci: kebiasaan belajar, disiplin belajar, hasil belajar. The purpose of this study is to find out whether study habits and study discipline affect the learning outcomes of students' accounting practicum in trading service companies at SMK Negeri 48 and 50 Jakarta. This research was conducted because of the problem of decreasing student learning outcomes, especially as a result of the current Covid-19 pandemic. This research is a quantitative research with survey method. The technique of determining the sample using Proportionate Stratified Random Sampling with a sample of 106 students from SMK Negeri 48 and 50 Jakarta. The research instrument used a Likert scale by distributing questionnaires for primary data collection and secondary data obtained from students' final semester exam scores. The data were processed using SPSS version 26. The tests used included the Multiple Regression Analysis test, the Analysis Requirements Test including the Normality Test, Linearity Test, and Hypothesis Testing (t test and F test), then the Multiple Correlation Coefficient Test, and the Coefficient of Determination Test (R2 ). The results of this study are obtained that study habits have a positive effect on learning outcomes, learning discipline has a positive effect on learning outcomes, and learning skills and learning disciplines have a positive and insignificant effect on learning outcomes. Keywords: learning habits, learning discipline, learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Santi Susanti, S.Pd., M.Ak ; 2) Dra. Sri Zulaihati, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 12455 not found. |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 04:16 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 07:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19504 |
Actions (login required)
View Item |