PENGEMBANGAN POCKET BOOK OF SCIENCE BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

FRANSISCA NUNIK CAHYANI, . (2021) PENGEMBANGAN POCKET BOOK OF SCIENCE BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan validitas media pembelajaran Pocket Book of Science berbasis web pada pembelajaran IPA Tema 5 Ekosistem untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Selain itu untuk memfasilitasi, mempermudah dan memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara daring pada muatan IPA dengan materi ekosistem untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN Jati 03 Jakarta Timur sebanyak 43 orang. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji coba pengembangan media pembelajaran Pocket Book of Science kepada 3 ahli, diperoleh rata-rata sebesar 82,38% atau media masuk ke dalam kategori sangat layak, sedangkan hasil uji coba dilapangan mendapatkan nilai rata-rata untuk keseluruhan sebesar 85,93%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Pocket Book of Science layak digunakan oleh peserta didik kelas V pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. This develop research aims to know the appropriateness and the validity of learning media Pocket book of science based on web on the natural sciences learning theme five ecosystem for fifth grade students of elementary school. Beside that to facilitate, make it easier and motivate the students to do learning activities via online on the natural sciences with ecosystem theory for fifth grade students of elementary school. The sample of this research is the fifth grade students of elementary school of Jati 03 Jakarta Timur as much as 43 students. This research uses the development of ADDIE method which consists of analysis step, planning step, development step, implementation step and evaluation step. the data collected with questionare and interview. The data analyzed with descriptive quantitative and qualitative. The results of the learning media development trial pocket book of science to three expert person obtained average 82,38% or the media is proper, while the results of field trials obtained the average 85,93%. It shows that learning media pocket book of science proper to use on the fifth grade students in the natural sciences learning of elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd., M.Si. ; 2). Drs. AR. Supriatna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12082 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 11:50
Last Modified: 06 Sep 2021 11:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19573

Actions (login required)

View Item View Item