RAHMA SYIFA DEWI, . (2021) HUBUNGAN ANTARA MINAT SISWA TERHADAP VIDEO PEMBELAJARAN IPS DENGAN HASIL BELAJAR DI SMP ISLAM TERPADU AL-AZHAR JAGAKARSA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER_RAHMA SYIFA DEWI_1215153777.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1_RAHMA SYIFA DEWI_1215153777.pdf Download (716kB) |
|
Text
BAB 2_RAHMA SYIFA DEWI_1215153777.pdf Restricted to Registered users only Download (984kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3_RAHMA SYIFA DEWI_1215153777.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4_RAHMA SYIFA DEWI_1215153777.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5_RAHMA SYIFA DEWI_1215153777.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_RAHMA SYIFA DEWI_1215153777.pdf Download (701kB) |
|
Text
LAMPIRAN_RAHMA SYIFA DEWI_1215153777.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat siswa kelas VIII terhadap video pembelajaran IPS materi Pluralitas dengan hasil belajar di SMP Islam Terpadu Al-Azhar Jagakarsa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini menjadikan siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Al-Azhar Jagakarsa sebagai responden penelitian yang berjumlah 16 siswa. Pengambilan jumlah responden berdasarkan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan data dokumentasi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasional antar dua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara minat siswa terhadap video pembelajaran dengan hasil belajar. Adanya hubungan tersebut ditunjukan dengan nilai korelasi rxy sebesar 0,583. Selain itu, hubungan itu juga ditunjukan dengan nilai rata-rata variabel x sebesar 45 dan variabel y sebesar 85 yang menunjukan nilai yang tinggi secara bersamaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa video dapat digunakan dalam pembelajaran daring seperti saat situasi pandemi, selain penjelasan langsung dan diskusi melalui aplikasi konferensi video. This study aims to determine the relationship between class VIII students' interest in social studies learning videos of “Plurality” topic with learning outcomes at Jagakarsa Al-Azhar Integrated Islamic Junior High School. This study uses a quantitative method with a correlational approach. This study made 16 students of eigth grade at Jagakarsa Al-Azhar Integrated Islamic Junior High School as research respondents. The sampling technique in this study uses saturation sampling technique. Data collection method uses questionnaires and teacher documentation data. The data analysis technique uses correlational analysis between two variables. The results of this study indicate a relationship between students’ interest in learning videos and learning outcomes. The existence of this relationship is indicated by the rxy correlation value of 0,5. The relationship is also shown by the average value of the x variable of 45 and the y variable of 85 which shows a high value simultaneously. The results of this study indicate that video can be used in online learning such as during a pandemic situation, in addition to direct explanations and discussions through video conferencing applications.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. ; 2). Drs. Mulyadi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 12676 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 06:54 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 06:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19645 |
Actions (login required)
View Item |