PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL “MERANCANG COURSE DAN MEMBUAT KUIS” PADA LMS MOODLE UNTUK GURU SMP LABSCHOOL CIBUBUR

EKA PUTRI AGUSTINA, . (2021) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL “MERANCANG COURSE DAN MEMBUAT KUIS” PADA LMS MOODLE UNTUK GURU SMP LABSCHOOL CIBUBUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (521kB)
[img] Text
02. BAB 1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] Text
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media video tutorial dengan materi Merancang Course dan Membuat Kuis Pada LMS Moodle untuk Guru SMP Labschool Cibubur. Video tutorial yang telah dikembangkan ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi guru-guru di SMP Labschool Cibubur. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan pembelajaran berbasis produk yaitu Rapid Prototyping. Model ini terdiri atas 5 tahapan yaitu, Asses needs & Analyze content, Set-objective, Construct prototype, Utilize prototype, dan Install & maintain system. Pengembangan media ini telah melalui uji evaluasi oleh expert review dan pengguna tahap one-to-one dengan guru SMP Labschool Cibubur. Hasil evaluasi expert review sebagai berikut: dari ahli media sebesar 3,64 yang dikategorikan Sangat Baik, dari ahli materi sebesar 3,83 yang dikategorikan Sangat Baik, dan dari ahli disain pembelajaran mendapat nilai sebesar 3,69 yang dikategorikan Sangat Baik. Hasil uji coba pengguna (one to one) memperoleh nilai 3,56 yang dikategorikan Sangat Baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh bahwa video tutorial yang dikembangkan memperoleh kategori penilaian “Sangat Baik”. Secara keseluruhan video dinyatakan memiliki kualitas yang baik. Sehingga implikasi penelitian ini adalah memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja guru dalam mempelajari cara merancang course dan membuat kuis pada LMS Moodle. This development research aims to produce a video tutorial media by Designing Course and Creating Quiz in LMS Moodle for SMP Labschool Cibubur’s Teachers. This developed video tutorial could be used as a learning source for the teachers of SMP Labschool Cibubur. Hence, this development research uses learning development model-based product Rapid Prototyping. This model contains 5 steps, Asses needs & Analyze content, Set-objective, Construct prototype, utilize prototype, and Install & maintain system. This media development passed the evaluation test by the expert review and the users of one-to-one step with the teachers of SMP Labschoool Cibubur. The expert review’s evaluation is as follow: from the media expert it was 3,64 which was categorized as Very Good, then material expert 3,83 categorized as Very Good, learning design expert reaches 3,69 which categorized as Very Good. The result of user evaluation (one to one) reaches 3,56 which is categorized as Very Good. Based on the collected results, the developed video tutorial gains the “Very Good” category. Furthermore, the video has a good quality. The implication of this research is to facilitate learning and improve teacher performance in learning how to design courses and make quizzes on the LMS Moodle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd, ; 2). Dra. Suprayekti, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 12294 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 10:16
Last Modified: 09 Sep 2021 02:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item