PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG (PATUNG) UNTUK STIMULASI KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL

DINDA DWI SUKMA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG (PATUNG) UNTUK STIMULASI KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (440kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran bernama Media papan hitung yang dapat bermanfaat untuk guru disekolah, karena dapat membantu proses pembelajaran agar lebih mudah dipahami peserta didik. Media Papan Hitung (PATUNG) dikembangkan untuk menstimulasi kemampuan berhitung penjumlahan bagi peserta didik dengan hambatan intelektual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model ADDIE. Penilaian dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli peserta didik dengan hambatan intelektual, juga satu peserta didik kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian didapatkan bahwa media papan hitung mendapatkan skor baik oleh ahli media dengan nilai 55%, sangat baik oleh ahli materi dengan nilai 85%, dan sangat baik oleh ahli peserta didik dengan hambatan intelektual ringan dengan nilai sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan media papan hitung dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berhitung penjumlahan bagi peserta didik dengan hambatan intelektual ringan karena timbulnya antusiasme yang terlihat cukup tinggi pada saat belajar menggunakan papan hitung. This study aims to produce a product in the form of learning media called Papan Hitung which can be useful for teachers in school, because it can help the learning process to be easier for students to understand. Papan Hitung (PATUNG) was developed to stimulate the ability of calculate addition for mentally retarded students. This study uses research and development methods (R&D) by adapting the ADDIE model. The assessment was carried out by three experts, among others are media experts, material experts and experts for mentally retarded students, and fourth grade elementary school students. The results showed that Papan Hitung (PATUNG) got a decently score by media experts with a score of 55%, excellently by material experts with a score of 85%, and excellenty by students with mild mental retardation with a score of 85%. Based on the results of the study, it is expected that Papan Hitung (PATUNG) can be used to stimulate the ability of calculate addition for mild mentally retarded students because of the appearence of enthusiasm which looks quite high when learning by using Papan Hitung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd ; 2). Dr. Wuryani, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 11448 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:35
Last Modified: 09 Sep 2021 07:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19795

Actions (login required)

View Item View Item