Pengaruh Intensitas Kegiatan Belajar Kelompok dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI di SMK Negeri 34 Jakarta

Asfan Azkarim, . (2018) Pengaruh Intensitas Kegiatan Belajar Kelompok dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI di SMK Negeri 34 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ASFAN AZKARIM (5115131438)_S1 PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO-107.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara intensitas kegiatan belajar kelompok dan motivasi beajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik siswa kelas XI di SMK Negeri 34 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kausal dan subjek penelitian (responden) tidak dimanipulasi atau diberikan perlakuan khusus oleh peneliti. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 34 Jakarta Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI- L1 dan XI- L2 sebanyak 51 siswa. Sampel dalam penelitin ini diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah semua anggota populasi yaitu sebanyak 51 siswa di SMK Negeri 34 Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan instrumen tes. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan KR-20. Penelitian dengan pendekatan kausal ini akan dianalisis dengan mengunakan analisis jalur (path analysis) dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa nilai koefisien jalur (ρ32) sebesar 0,404 dengan thitung = 3,088 dan nilai ttabel = 1,6716 pada α = 0,05, artinya koefisien jalur signifikan karena nilai thitung > ttabel atau 3,088 > 1,6716. Dengan demikian, dari temuan ini dapat ditafsirkan bahwa motivasi belajar (X2) berpengaruh langsung dengan hasil belajar (X3) sebesar 16,32%. Nilai koefisien jalur (ρ31) sebesar 0,170, dengan thitung = 1,206 dan nilai ttabel = 1,6716 pada α = 0,05, artinya nilai koefisien jalur tidak signifikan karena nilai thitung < ttabel atau 1,206 < 1,671. Dengan demikian, dari temuan ini dapat ditafsirkan bahwa intensitas kegiatan belajar kelompok (X1) tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar (X3) dan berpengaruh secara tidak langsung melalui motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar sebesar 3,67%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Soeprijanto, M.Pd 2) Dra. Ermi Media’s, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Oct 2019 11:47
Last Modified: 11 Oct 2019 11:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item