PENGARUH KESEHATAN MENTAL POSITIF TERHADAP KETERLIBATAN AKADEMIK PADA MAHASISWA

SEKAR RAHAYUNINGTYAS, . (2021) PENGARUH KESEHATAN MENTAL POSITIF TERHADAP KETERLIBATAN AKADEMIK PADA MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesehatan mental positif terhadap keterlibatan akademik pada mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Untuk mengukur variabel keterlibatan akademik menggunakan instrumen Utrech Work Engagement Scale Student Survey (UWES-SS), dan untuk mengukur variabel kesehatan mental positif menggunakan instrumen Mental Health Continuum Short Form (MHC-SF). Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 207 orang mahasiswa. Pengolahan data dilakukan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bawa terdapat pengaruh signifikan antara kesehatan mental positif terhadap keterlibatan akademik pada mahasiswa sebesar 20% sedangkan 80% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain selain kesehatan mental positif. This study aims to determine the effect of positive mental health on academic engagement in students. This study use a quantitative method with regression analysis techniques. To measure the variable of academic engagement using the Utrech Work Engagement Scale Student Survey (UWES-SS) instrument, and to measure the variable of mental health using the Mental Health Continuum Short Form (MHC-SF) instrument. Respondents who participated in this study were 207 students. Data processing was carried out using Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 25. The results of this study shows that there is an effect of mental health on academic engagement in students by 20% while the other 80% is influenced by variables other than mental health.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Deasyanti, P.hD 2). Dr. Gantina Komalasari, M.Psi
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 12575 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 21:56
Last Modified: 14 Sep 2021 21:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20185

Actions (login required)

View Item View Item