PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PERGURUAN TINGGI NEGERI JABODETABEK

INDAH AGUS TRIANA, . (2021) PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PERGURUAN TINGGI NEGERI JABODETABEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (560kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindfulness terhadap stres akademik pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 di Perguruan Tinggi Negeri Jabodetabek. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian ini merupakan 210 mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri di Jabodetabek. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur mindfulness adalah Five Facet Mindfulness Questionnaire, sedangkan untuk mengukur stres akademik digunakan The Perception of Academic Stress Scale. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi satu prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mindfulness terhadap stres akademik. Pengaruh tingkat mindfulness terhadap stres akademik mahasiswa yaitu sebesar 23,5% dengan arah korelasi yang bersifat negatif yang berarti semakin tinggi mindfulness maka semakin rendah stres akademik. This research aims to determine the effect of mindfulness towards academic stress on students who have been doing online learning during COVID-19 pandemic at the State Universities in Jabodetabek. This research used quantitative approach with survey as a method. Participants consisted of 210 students from the State Universities in Jabodetabek. The instrument used to measure mindfulness was Five Facets Mindfulness Questionnaire and to measure academic stress was The Perception of Academic Stress Scale. Statistical analysis named one predictor or regression analysis used to test the hypotheses. The results showed that mindfulness has an effect on students academic stress by 23,5%, with negative direction of correlation which means the higher mindfulness, the lower academic stress.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ratna Dyah Suryaratri, Ph.D. ; 2). Prof. Dr. Burhanuddin Tola, M.A.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 12511 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2021 01:24
Last Modified: 16 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20353

Actions (login required)

View Item View Item