MONICA NOVITA ISMAYA, . (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN TENAGA KERJA DAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuat instrumen dan menguji kelayakan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk mata kuliah pengelolaan tenaga kerja dan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) pada mahasiswa pendidikan teknik mesin. Metode penelitian ini dengan meengunakan pengembangan (Research and Development). Tahapan metode pengembangan ini meliputi Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Instrumen penilaian menggunakan wawancara tidak terstruktur dan kuesioner. Pengembangan instrument penilaian ini telah diuji cobakan kepada mahasiswa, dan melewati teknik analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda soal, dan uji tingkat kesukaran. Pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap Develop atau pengembangan. Penelitian yang dilakukan pada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah pengelolaan tenaga kerja dan K3 menghasilkan soal pilihan ganda sebanyak 30 soal pilihan ganda. Pengujian instrumen penilaian berpikir kritis menghasilkan 25 soal pilihan ganda yang sudah valid dan masuk pada kriteria reliabilitas yang tinggi serta reliebel yang dapat diandalkan sebagai instrument penilaian. Kata kunci: Pengembangan Instrumen, Penilaian Berpikir Tingkat Tinggi, Pengelolaan Tenaga Kerja, K3 ************* ABSTRACT This study aims to made instruments and test the feasibility of higher order thinking skills assessment instruments for courses in labor management and K3 (occupational safety and health) in mechanical engineering education students. This research method used research and development. The stages of this development method include Define, Design, and Develop.. The assessment instrument used unstructured interviews and test questionnaires. Data analysis technique consisted of content validity test, reliability test, discriminatory test of questions, and level of difficulty test.. Research conducted on students who are taking courses in labor management and K3 resulted in 30 multiple choice questions. Testing the critical thinking assessment instrument resulted in 25 multiple choice questions that were valid and included in the criteria of high reliability and reliable as an assessment instrument. Keywords: Instrument Development, Higher Order Thinking Skills Assessment, Manpower Management, K3
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Aam Amaningsih Jumhur, Ph.D. ; 2). Ratu Amilia Avianti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 12856 not found. |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 07:07 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 02:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20417 |
Actions (login required)
View Item |