PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENANAMKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

ESTELA WERWIN VERANANDA, . (2021) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENANAMKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER ESTELA WERWIN VERANANDA 1107617282.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I ESTELA WERWIN VERANANDA 1107617282.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II ESTELA WERWIN VERANANDA 1107617282.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III ESTELA WERWIN VERANANDA 1107617282-625.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV ESTELA WERWIN VERANANDA 1107617282-445-104.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V ESTELA WERWIN VERANANDA 1107617282-340.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (579kB)
[img] Text
LAMPIRAN ESTELA WERWIN VERANANDA 1107617282-996.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy

Abstract

Dampak dari pandemi Covid-19 membuat siswa harus belajar di rumah dengan sumber belajar yang kurang sesuai dengan keadaan pembelajaran jarak jauh. Banyak siswa menunjukkan kurangnya sikap tanggung jawab dalam melaksanakan pembelajaran tersebut. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk merangsang sikap tanggung jawab siswa melalui aplikasi ensiklopedia digital dengan materi kewajiban dan hak dalam pembelajaran PPKn. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Karet 01 Pagi Jakarta Selatan. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan desain pengembangan yang digunakan oleh Hannafin dan Peck, yang meliputi fase analisis kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan dan implementasi. Instrumen yang digunakan untuk memeroleh data dalam setiap fase tersebut adalah kuesioner. Data yang terkumpul meliputi hasil validasi ahli media sebesar 86% dengan kategori sangat baik, ahli bahasa 90,76% dengan kategori sangat baik, dan ahli materi sebesar 85,55% dengan kategori baik. Selain itu, data yang terkumpul dalam uji coba siswa meliputi hasil analisis kebutuhan sebesar 69,95%, dengan kategori baik. Uji coba kelompok kecil menghasilkan 77,92% dengan kategori baik, dan uji coba lapangan sebesar 84,09% dengan kategori baik. Teknik yang digunakan untuk analisis data tersebut adalah deskriptif persentase. Berdasarkan nilai yang diperoleh aplikasi ensiklopedia digital pembelajaran PPKn dapat dinyatakan bahwa produk ini baik atau layak digunakan untuk menanamkan sikap tanggung jawab siswa kelas III sekolah dasar. The impact of pandemic of Covid-19 makes students have to study at home with inappropriate learning sources for distance learning. Many students shows less responsibility of implemented it. Therefore, the purpose of this research is to stimulate attitude of responsibility of students through digital encyclopedia app with material obligations and rights. The subject of this research is students in 3rd grade at SDN Karet 01 Pagi Jakarta Selatan. The type of this research is RnD or Research and Development by Hannafin and Peck with three phases, which includes phase of needs analysis, phase of design, and phase of developing and implementation. The instrument used to reach the data in each phases is questionnaire. The collected data includes of validations results of media expert 86% with very good category, language expert 90% with very good category, and material expert 85,55% with good category. Moreover, collected data from students trial includes of needs analysis results 69,95% with deficient category, one to one trial 76,97% with good category. Small group trial results is 77,92% with good category, and field trial 84,09% with good category. The technique of this data analysis is descriptive percentage. Based on the results obtained by digital encyclopedia app, it can be concluded that the product can be used and able to stimulate the attitude of responsibility of 3rd grade students in elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.ika Lestari, S.Pd, M.Si., ; 2). Linda Zakiah, S.Pd, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11890 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2021 05:41
Last Modified: 20 Sep 2021 05:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20515

Actions (login required)

View Item View Item