PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

FATKHIL AZIZATUNNISA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (811kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Dari data hasil uji coba analisis kebutuhan, peneliti menemukan beberapa permasalahan 1) Kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru 2) Belum terciptanya pembelajaran interaktif 3) Menurunnya motivasi belajar peserta didik dikarenakan tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan pengembangan media pembelajaran yang dapat membuat terciptanya pembelajaran dua arah dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat lebih antusias mengikuti pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dikarenakan adanya pandemik Covid-19, produk ini diuji cobakan hanya pada dua ahli media, satu ahli materi, serta uji pengguna one to one dan small group. Hasil uji coba ini memperoleh skor rata-rata 97% dari ahli materi, 87% dari ahli media. Hasil uji coba pengguna 93% untuk tahap one to one dan 97% untuk tahap small group. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif ini termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik (SB)” sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” kelas IV Sekolah Dasar. This research and development uses the ADDIE research model. Due to the Covid-19 pandemic, this product was tested on only two media experts, one material expert, as well as one-to-one and small group user test. The results of this trial obtained an average score of 97% from material experts, 87% from media experts. The user trial results are 93% for the one to one and 97% for the small group. This shows that the development of interactive learning media is included in the "Very Good (SB)" category so that it is suitable for use in science learning Theme 7 grade IV Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd ; 2). Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12910 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2021 05:09
Last Modified: 16 Sep 2021 05:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20586

Actions (login required)

View Item View Item