PENGEMBANGAN MEDIA ROLL BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PHYSICS SCIENCE ANAK USIA DINI

NURUL ISTIQOMAH, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ROLL BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PHYSICS SCIENCE ANAK USIA DINI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (922kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Physics sciece merupakan salah satu konten sains yang dapat diberikan kepada anak usia dini. Pengenalan sains fisika di PAUD belum terlaksana secara optimal, yang ditunjukkan dengan anak belum memahami kenapa benda dapat berpindah kekiri atau kekanan Pengenalan sains khususnya fisika dapat dilakukan menggunakan media. Media dapat menjadi alat yang merupakan bagian eksplorasi sains yang dapat dilakukan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media dan mengetahui efektivitasnya untuk meningkatkan pengetahuan physics science anak usia dini. Media ini bernama Roll Book yang merupakan pengembangan media buku cerita bergambar yang ditambahkan dengan teknik roll (gulung) yang mengandung konten physics science untuk anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data didasarkan pada hasil validasi ahli dan data uji coba lapangan utama dan analisis data menggunakan statistic paired sample T-test. Penelitian ini melibatkan anak TK B-1 sebanyak tiga belas anak di TK Islam At-Taqwa Rawamangun Jakarta Timur. Berdasarkan hasil perhitungan, terdapat peningkatan sebelum diberikan perlakuan dengan setelah diberikan perlakuan. Diketahui hasil uji efektivitas t-test tidak sama dengan t-tabel dengan nilai <0.001 < 0.05 sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan antara sebelum penggunaan media roll book (pretest) dan sesudah penggunaan media roll book (posttest). Jadi media yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan physics science untuk anak TK B. Penelitian mendatang dapat dilakukan sehingga akan semakin banyak produk media baru yang dapat menunjang pembelajaran anak usia dini khususnya pembelajaran sains. Kata Kunci: physics science, anak usia dini, roll book ********* Abstract Physics sciece is a science content that can be given to early childhood. The introduction of physics science in early childhood education has not been carried out optimally, which is shown by the child not understanding why objects can move left or right. Introduction to science, especially physics, can be done using the media. Media can be a tool that is part of scientific exploration that children can do. This study aims to develop a medium and determine its effectiveness in increasing knowledge physics science early childhood. This media is called Roll Book, which is a media development for illustrated story books added by the technique roll which contains content physics science for early childhood. The research method used is research and development with the ADDIE model. Data collection techniques are based on the results of expert validation and main field trial data and data analysis using statistical paired sample T-test. This research involved thirteen children of TK B-1 in At-Taqwa Rawamangun Kindergarten, East Jakarta. Based on the calculation results, there is an increase before being given treatment with after being given treatment. It is known that the results of theeffectiveness t-testare not the same as the t-table with a value of <0.001 <0.05 so that Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant change between before the use of the media roll book (pretest) and after the use of themedia roll book (posttest). So the media developed is effectively used to improveknowledge physics science for Kindergarten B children. Future research can be carried out so that there will be more and more new media products that can support early childhood learning, especially science learning. Keywords: physics science, early childhood, roll book

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd. ; 2). Dr. Elindra Yetti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Sains > Fisika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12789 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2021 08:19
Last Modified: 20 Sep 2021 08:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20627

Actions (login required)

View Item View Item